JUNIF: Jurnal Nasional Informatika
Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Nasional Informatika

KLASIFIKASI PENENTUAN WARGA PENERIMA BANTUAN SOSIAL DI MASA PANDEMI MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES (Studi Kasus : Rt 002 Rw 01 Kel.Jagakarsa Kec.Jagakarsa Jakarta Selatan)

Astried Silvanie (IBIK57)
Bakti Pratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Bantuan sosial (BANSOS) adalah bantuan yang dibuat oleh pemerintah bagi masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi disaat masa pandemi Covid-19. Pada ruang lingkup Rt 002 Rw 01 kecamatan jagakarsa keluarahan jagakarsa jakarta selatan belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi dalam menentukan warga yang layak untuk dapat menerima bansos. Proses yang dilakukan untuk menentukan warga penerima bansos masih menggunakan proses manual, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menentukan warga penerima bansos, serta juga banyaknya dokumen warga yang menumpuk, dan juga dapat terjadinya kemungkinan kesalahan saat menetukan warga penerima bansos jika dilakukan proses secara manual. Pada sistem yang akan dibuat ini menerapkan metode Naive Bayes untuk dapat menentukan warga yang layak dan tidak untuk menerima bansos. Dengan cara data warga akan dibagi menjadi dua (2) kelompok, yaitu warga dengan keterangan layak mendapatkan bansos dan warga dengan keterangan tidak layak mendapatkan bansos. Dimana nantinya sistem yang akan dibuat dapat mempermudah dan mempercepat staff rt dalam menentukan warga penerima bansos.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

junif

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUNIF: Jurnal Nasional Informatika published by Programme of Study in Informatics Institute of Bisnis and Informatics Kosgoro 1957 ( IBI Kosgoro 1957 ), a scientific journal of Information Systems and Information Technology which includes scholarly writings on pure research and applied research in ...