Education and Counseling Journal
Vol 2 No 1 (2022): EDISI MARET

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN MATRIKS

tri astindari (STKIP PGRI Situbondo)
irma noervadila (STKIP PGRI Situbondo)



Article Info

Publish Date
23 May 2022

Abstract

Variasi pengajaran yang dapat dilakukan guru selain dalam hal penggunaan media pengajaran merupakan salah satu aspek yang menentukan keberhasilan dan kelancaran kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran matematika pokok bahasan matriks pada siswa kelas X TB semester 2 di SMKN 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitan siswa kelas X TB sebanyak 26 siswa. Seorang guru matematika dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4(empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian Dari beberapa indikator menunjukkan hasil klasikal siswa yang tuntas 13 siswa atau 50% dari 26 siswa. Ini menunjukkan bahwa siswa kelas X TB kurang antusias sekali untuk membaca dan siswa kelas X TB pula dalam hal membaca dapat dikatakan sangat baik. Analisis yang dilakukan terhadap hasil ulangan harian, menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal belum dicapai karena kurang dari 85% sehingga perlu diadakan siklus II. Berdasarkan siklus II pertemuan 1 dan 2 ada peningkatan 4% sehingga persentase pada siklus II dapat diuraikan sebagai berikut: Persentase pada siklus 1 81% Pada siklus II ada peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan siklus I yaitu 38% peningkatan pada siklus I sehingga daya serap klasikal siswa pada siklus II 88%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...