Education and Counseling Journal
Vol 2 No 1 (2022): EDISI MARET

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERSTIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD GUGUS V TEGALDLIMO

harun arrasyid (Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi)
Andi Wapa (Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi)
Dwi Meikrista Diah Pratiw (Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan dua kelompok perlakuan yang berbeda yaitu kelompok control yang diberikan perlakuan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw sedangkan kelompok regular menggunakan metode konvensional. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas IV gugus V kecamatan Tegaldlimo yang terdiri dari 5 sekolah. Dari hasil analisis data tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD gugus V Tegaldlimo dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 58,57 dan pada kelas eksperimen sebesar 89,17. Sedangkan nilai KKM mata pelajaran matematika di gugus V Tegaldlimo adalah 60,00. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada kelas eksperimen yang menunjukkan nilai rata-rata post test sebesar 89,17. Nilai tersebut lebih besar dari nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 60.00. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika kelas IV SD gugus V tahun pelajaran 2019/2020 menggunakan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Nilai rata-rata kelas kontrol (konvensional) 58,57 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperiman (kooperatif tipe jigsaw) 89,17. Selisih rata-rata keduanya sebesar 30,60. Dengan demikian terdapat peningkatan nilai sebesar 30,60 dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw jika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...