Society : Jurnal Jurusan Tadris IPS
Vol. 4 No. 2 (2013): Desember 2013

STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI INDONESIA

Hanna Fithriyati (UIN Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2013

Abstract

Pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan sebuah upaya untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional. Eksistensi dan peran UMKM mencapai 55,21 juta unit usaha, dan merupakan 99,99 persen dari pelaku usaha nasional. Kontribusi yang diberikan oleh UMKM disamping dalam hal penyerapan tenaga kerja sebesar 97,24 persen dari total penyerapan tenaga kerja yang ada, juga terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia cukup tinggi yaitu mencapai 57 persen. Namun terdapat beberapa masalah yang dihadapi dalam strategi pengembangan UMKM, diantaranya kesulitan pemasaran, ketersediaan bahan baku dan kesulitan permodalan. Oleh karena itu dilakukan berbagai strategi pemberdayaan UMKM meliputi strategi peningkatan iklim usaha yang kondusif peningkatan akses kepada sumber daya produktif, pengembangan produk dan pemasaran, peningkatan daya saing sumber daya manusia, peningkatan pola kemitraan dengan sesama UMKM maupun dengan usaha besar.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

society

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Society adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (p) 2087-0493 pada bulan Juni dan Desember. UIN Mataram merupakan transformasi IAIN Mataram ...