Society : Jurnal Jurusan Tadris IPS
Vol. 6 No. 1 (2015): Juni 2015

UPAYA PENINGKATAN SOFT SKILL MAHASISWA DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA (Studi Kasus Di Jurusan Pendidikan Ips-Ekonomi Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Iain Mataram)

Pongky Arie Wijaya (Unknown)
Baiq Sefti Hariani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan,kendala, dan caramengatasi kendala-kendala dalam meningkatkansoft skill mahasiswa di Jurusan Pendidikan IPS-Ekonomi FakultasIlmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram untuk menghadapidunia kerja. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, denganlokasi penelitian di Jurusan Pendidikan IPS-Ekonomi Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram. Adapun Jenis instrumen yangdigunakan adalah instrument non tesberupa; pedoman wawancaradan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksidata, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa upaya peningkatan soft skillyang dilakukanoleh Jurusan Pendidikan IPS-Ekonomi Fakultas Ilmu Tarbiyah danKeguruan IAIN Mataram belum maksimal, akan tetapi sudah adaupaya yang dilakukan seperti mengadakan pelatihan, meningkatkan,mengembangkan dan menentukan tema pelatihan untuk menarikperhatian mahasiswa untuk mengikuti pelatihan soft skill. Kendalakendalayang dihadapi dalam upaya peningkatan soft skill mahasiswaadalah dari pihak mahasiswa yaitu; kurangnya partisipasi, kesadaran,dan kedisiplinan Sedangkan dari pihak penyelenggara yaitu; kurangnyasosialisasi, sarana prasarana, pendanaan, dan waktu yang terbatas.Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut yaitu;(1) Mengadakan sosialisasi dengan cara menempel pamplet-pampletpelatihan soft skill yang akan diadakan, (2) Menyadarkan mahasiswatentang betapa penting untuk berpartisipasi dalam pelatihan soft skill, (3) Bekerjasama dengan mahasiswa yang pernah megikutipelatihan,(4)Menyarankan mahasiswa untuk mengikuti organisasiorganisasiJurusandalammeningkatkan kesadaran mahasiswa,dan (5)Menuntut mahasiswa untuk disiplin. Terkait dengan fasilitas yangmasih kurang memadai upaya yang dilakukanyaitu; (1) Meningkatkanpengadaan fasilitas-fasilitas yang masih kuarang, (2) Pendanaandimaksimalkan sesuai prioritas, dan (3) Terkait waktu yang terbatasdiupayakan untuk memanajemen waktu pelaksanaan pelatihan dengantepat.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

society

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Society adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (p) 2087-0493 pada bulan Juni dan Desember. UIN Mataram merupakan transformasi IAIN Mataram ...