Kepuasan kerja karyawan adalah keadaan emosional karyawan yangmenyenangkan atau tidak menyenangkan terhadap pekerjaannya.Karyawan dengan tingkat kepuasan kerja tinggi menunjukkan sikapyang positif terhadap pekerjaannya. Sebaliknya, karyawan yang takpuas dengan pekerjaannya menunjukkan sikap yang negatif terhadappekerjaannya itu. Teori tentang kepuasan kerja terdiri dari teoriketidaksesuaian, teori keadilan, dan teori dua faktor Herzberg. Faktorfaktoryang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan diklasifikasikanmenjadi 3 variabel yaitu karakteristik individu, variabel situasional,dan karakteristik pekerjaan. Terdapat beberapa cara pengukurankepuasan kerja baik dari segi analisa statistik maupun dari segipengumpulan datanya. Informasi yang didapat dari kepuasan kerjaini biasanya melalui tanya jawab secara perorangan, dengan angketmaupun dengan pertemuan kelompok kerja. Dalam semua kasus,kepuasan kerja diukur dengan kuesioner laporan diri yang diisi olehkaryawan.
Copyrights © 2019