Society : Jurnal Jurusan Tadris IPS
Vol. 10 No. 1 (2019): Juni 2019

PROBLEMATIKA PENERAPAN WAJIB BELAJAR (WAJAR) 12 TAHUN PADA ANAK NELAYAN DI DESA GILI GEDE INDAH KECAMATAN SEKOTONG

Ibnu Hizam (Jurusan Pendidikan IPS UIN Mataram)
Amir Kan (Jurusan Pendidikan IPS UIN Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Wajib belajar 12 tahun merupakan salah satu program pemerintah yang diharapkan untuk mencapai batas universal pendidikan yang disediakan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana kondisi pendidikan anak nelayan (tidak menuntaskan sekolah) setelah dilaksanakannya wajib belajar 12 tahun pada anak nelayan di Desa Gili Gede Indah Kecamatan Sekotong. 2) untuk menjelaskan faktor penghambat penerapan wajib belajar 12 tahun di Desa Gili Gede Indah Kecamatan Sekotong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dan pada penelitian ini teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Kondisi pendidikan anak nelayan tidak dapat menuntaskan wajib belajar yang dimana 20 orang anak nelayan diantaranya yang tersebar dalam 5 dusun di desa Gili Gede Indah Kecamatan Sekotong kabupaten Lombok barat. Adapun faktor penghambat pendidikan atau penerapan wajar 12 tahun yang dialami oleh anak di desa Gili Gede Indah yaitu: 1) sarana prasarana sekolah, 2) kondisi georafis wilayah, 3) pendapatan orang tua anak nelayan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

society

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Society adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (p) 2087-0493 pada bulan Juni dan Desember. UIN Mataram merupakan transformasi IAIN Mataram ...