Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pelatihan dan pengembangan dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Mataram Tahun 2014-2015.Penelitian ini didasari oleh adanya pelatihan dan pengembangan dosen di FITK IAIN Mataram yang dilaksanakan setiap tahun dalam upaya untuk peningkatan profesionalisme dosen. Namun apakah pelaksanaan bermanfaat sesuai dengan harapan? Tidakkah sia-sia dana yang dikeluarkan setiap tahunnya yang jumlahnya tidak sedikit? Untuk itu perlu ada penelitian untuk menganalisis pelaksanaan pelatihan dan pengembangan dosen.Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Mataram dengan beberapa dosen yang tersebar di 10 jurusan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan (FITK) sebagai salah satu sumber d;p[atanya.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan uji validitas data menggunakan perpanjangan pengamatan/keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan dan pengembangan dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan (FITK) IAIN Mataram Tahun 2014-2015, sebagian besar sudah sesuai dengan langkah-langkah yang ideal, dengan kata lain sudah cukup efektif. Tetapi terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki.
Copyrights © 2017