Society : Jurnal Jurusan Tadris IPS
Vol. 8 No. 2 (2017): Desember 2017

KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA

Haliliah Haliliah (Jurusan Pendidikan IPS UIN Mataram)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dibandingkan dengan metode caramah dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain pretest-posttest group design. Data dianalisis secara multivariat dengan taraf signifikansi 0,05 untuk pengujian kesamaan rata-rata kelompok dan ditindak lanjuti dengan analisis univariat pada taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif secara signifikan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dibandingkan dengan metode ceramah, dan 2) Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif secara signifikan untuk meningkatkan keterampilan sosial dibandingkan dengan metode ceramah. Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki empat unsur penting: 1) penyampaian materi, 2) kerja kelompok, 3) Presentasi kelompok, dan 4) pemberian kuis.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

society

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Society adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (p) 2087-0493 pada bulan Juni dan Desember. UIN Mataram merupakan transformasi IAIN Mataram ...