Wacana : Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya
Vol 20 No 2 (2020): Wacana Saraswati

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MATA KULIAH ENGLISH GRAMMAR PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Ni Putu Meri Dewi Pendit (IKIP Saraswati)
Ni Luh Nanik Puspadi (IKIP Saraswati)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Basic English Grammar mahasiswa program studi Pendidikan bahasa Inggris IKIP Saraswati dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di IKIP Saraswati, subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan jumlah 17 mahasiswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa mahasiswa memperoleh rata-rata 53 dalam pretest, kemudian mengalami peningkatan pada test kedua yang dilakukan dalam siklus satu yaitu 70.8, dan pada siklus kedua, rata-rata nilai mahasiswa adalah 78. Ketuntasan klasikal pada skor dasar 23.5% (4 mahasiswa). Pada test siklus I, terjadi peningkatan ketuntasan menjadi 64.7% (11 mahasiswa). Pada test siklus II, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88% (15 mahasiswa). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Basic English Grammar mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wacanasaraswati

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

WACANA : Majalah Ilmiah tentang Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. This journal accepts submissions of manuscripts that will be published within the scope: Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse ...