JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN
Vol 3, No 1 (2016): Juni - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFFESIONAL 8 KELAS V SD SWASTA NAMIRA

Indra Yasinta O. Marpaung (Unknown)
Sahat Siagian (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media yang layak digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Macromedia Flash Professional 8 materi menulis surat untuk siswa kelas V SD Swasta Namira Medan, (2) mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Professional 8 mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis surat untuk siswa kelas V SD Swasta Namira Medan.  Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan Dick and Carey. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi mata pelajaran bahasa Indonesia berada pada kualifikasi sangat baik, (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik, (3) uji ahli ahli media/desain grafis  pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik, (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik, uji coba kelompokberada pada kualifikasi sangat baik, uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik. Produk akhir dari pengembangan ini dilanjutkan dengan uji keefektifan. Data ini membuktikan bahwa penggunaan media  pembelajaran interaktif menulis surat lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari pada tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif. Kata Kunci: media pembelajaran bahasa Indonesia,  berbasis  macromedia flash professional Abstract: The research and development is aimed at: (1) produce a decent media used in learning Indonesian-based Macromedia Flash Professional 8 material to write a letter to fifth grade students of private primary schools Namira Medan, (2) determine the effectiveness of the development of media-based learning Macromedia Flash Professional 8 subjects Indonesian on material written to fifth grade students of private primary schools Namira Medan. This type of research is the development of research that uses models Borg and Gall product development combined with Dick and Carey model of development. The results showed: (1) the test subject matter experts subjects Indonesian are in excellent qualifications, (2) test expert instructional design that are in excellent qualifications, (3) expert test expert media / graphic design of learning that are in excellent qualifications, (4) the individual testing are in excellent qualifications, testing kelompokberada the excellent qualifications, field trials are in excellent qualifications. The end product of this development continued with test of effectiveness. These data prove that the use of interactive learning media wrote more effective in improving student learning outcomes than without the use of interactive learning media. Keywords: learning Indonesian media, based macromedia flash professional

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

teknologi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Medan Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil ...