GCEJ (Golden Childhood Education Journal)
Vol 1 No 1 (2020)

IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGENAL MACAM-MACAM TANAMAN PADA ANAK USIA DINI DENGAN MELALUI KEGIATAN OUTBOND

sri indah rinawati (TKIT Al Uswah)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Dalam penelitian bermaksud untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses pembelajaran sains ketika mengenal macam-macam tanaman. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) dalam 2 siklus dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak di TK Muslimat NU 08 Cumpleng Brondong Lamongan. Dengan jumlah siswa 24 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus data ketuntasan kelas yaitu sebesar 43%. Pada siklus I data keberhasilan mencapai 62% sedangkan pada siklus II mencapai 91%. Berdasarkan pengamatan siklus I ke siklus II mengalami perubahan yang signifikan. Maka dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan media outbond dapat meningkatkan keterampilan proses sains mengenal macam-macam tanaman

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GCEJ

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Anak Usia Dini Parenting untuk Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan Anak Permasalahan Anak Usia Dini Lembaga Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Psikologi Perkembangan Anak Pemberdayaan Anak Strategi Pembelajaran Pendidikan ...