cover
Contact Name
Rista Dwi Permata
Contact Email
rista.permata.rp@gmail.com
Phone
+6282141311172
Journal Mail Official
gcejournal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Manunggal No. 61 (62391) Tuban-Jawa Timur
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
GCEJ (Golden Childhood Education Journal)
ISSN : -     EISSN : 27750221     DOI : https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1
Core Subject : Education,
Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Anak Usia Dini Parenting untuk Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan Anak Permasalahan Anak Usia Dini Lembaga Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Psikologi Perkembangan Anak Pemberdayaan Anak Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Alat Permainan Anak Usia Dini Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Inovasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini, dan Berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 35 Documents
PENERAPAN KEGIATAN KOLASE DENGAN MEDIA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KEOMPOK B RA ISLAMIYAH Roh mas yitoh; Dwi Imam Efendi
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.236 KB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan, diperoleh bahwa keterampilan motorik halus melalui kegiatan kolase dengan media bahan alam pada anak kelompok B RA Islamiyah dinyatakan kurang. Sesuai dengan data yang terlihat dari 29 siswa dalam satu rombel di RA Islamiyah baru 7-8 anak yang kemampuan motorik halusnya sudah baik. Sebagian besar dari mereka masih belum mampu terampil menggerakkan jari tangannya pada saat di ajak kegiatan menggunting pola gambar. Penelitan ini mengambil fokus masalah tentang kurangnya keterampilan Motorik Halus pada anak-anak kelompok B RA Islamiyah Gaji. Berlandaskan pada latar belakang masalah tersebut maka peneliti akan melakukan penelitian untuk mencari solusi atas permasalahan ini. Metode yang di gunakan berdasarkan referensi-referensi penelitian terdahulu
IMPLEMENTASI MEDIA DADU GEOMETRI DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI jumi liya watik; Mardi Widodo
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.908 KB)

Abstract

Media dadu geometri merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada peserta didik di POS PAUD. Dasar dari penelitian ini adalah obserrvasi yang telah dilakukan oleh peneliti yang menghasilkan bahwa anak POS PAUD belum memiliki kemampuan mengenal bentuk geometri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan sebanyak 2. Penelitian ini menggunakan partisipan sebanyak 12 peserta didik yang berasal dari Pos PAUD Melati II. Data terkumpul menggunakan teknik pengamatan, dokumentasi dan hasil karya. Yang dianalisis menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif.
PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA JARI DENGAN BERBAGAI KARAKTER fika yatul Mukarromah; Kho lifah
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.635 KB)

Abstract

Media Boneka jari dengan berbagai karakter dikemabagnkan dengan menggunakan model Borg and Gall. Media ini diperuntukkan untuk kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan data maka digunakan wawancara, angket dan uji validasi media sebanyak 3 orang validator. Sedangkan data yang didapat akan dianalisis dengan menggunakan teknik perhitungan rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan 80,7% dengan kriteria “layak”
MEDIA BONEKA TANGAN: SEBUAH MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTUTUR ANAK indah wahyuni
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.902 KB)

Abstract

Ketrampilan bertutur anak usia 5-6 tahun di TK Wildani dapat dikatakan kurang setlah dilakukan observasi dan wawancara pada anak. Dapat dibuktikan dari 13 anak dalam satu rombel di TK Wildani Desa Kenanti Kec. Tambakboyo Tuban, baru 4 anak yang keterampilan berbicaranya sudah baik. Sebagian besar dari mereka masih malu saat diajak berkomunikasi atau mengeluarkan ide, gagasannya. Proses pembelajaran menggunakan metode ceramah dan sering menggunakan LKA. Penelitian Tindakan kelas dari Model Kemmis dan Mc Taggart digunakan sebagai metode penelitian. Hasil observasi menunjukkan bahwa media boneka tangan mempunyai pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak. Pada pelaksanaan siklus I sebesar 61% dan meningkat pada siklus II mencapai 83%.
MENGGUNTING: STIMULUS PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DI SENTRA SENI Mutiara Sari Dewi; Diah Khikmatul Indayani; Lailatul Mukarromah; Baiti Firdausah
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.993 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan motorik halus anak usia 5 – 6 tahun. Peneliti memfokuskan penelitian ini pada perkembangan motorik halus dalam kegiatan menggunting pada sentra seni.Jenis penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui prosentase profil perkembangan motorik halus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rubrik penilaian pencapaian perkembangan motorik halus. Subjek penelitian terdiri dari anak kelompok B (usia 5 – 6 tahun) di RA Al-Jihad Malang. Hasil penelitian menunjukkan 6,1% anak masih dalam kategori belum berkembang, 12,1% anak dalam kategori mulai berkembang, 15,1% anak dalam kategori berkembang sesuai harapan, serta 66,7% anak pada kategori berkembang sangat bagus. Setiap kategori memiliki kriteria penilaian. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik halus anak, diantaranya: dukungan lingkungan sekitar, kesiapan fisik dan mental anak, serta inovasi pembelajaran atau kegiatan main untuk menstimulus perkembangan motorik halus anak.
IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGENAL MACAM-MACAM TANAMAN PADA ANAK USIA DINI DENGAN MELALUI KEGIATAN OUTBOND sri indah rinawati
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.918 KB)

Abstract

Dalam penelitian bermaksud untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses pembelajaran sains ketika mengenal macam-macam tanaman. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) dalam 2 siklus dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah anak di TK Muslimat NU 08 Cumpleng Brondong Lamongan. Dengan jumlah siswa 24 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus data ketuntasan kelas yaitu sebesar 43%. Pada siklus I data keberhasilan mencapai 62% sedangkan pada siklus II mencapai 91%. Berdasarkan pengamatan siklus I ke siklus II mengalami perubahan yang signifikan. Maka dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan media outbond dapat meningkatkan keterampilan proses sains mengenal macam-macam tanaman
PENGEMBANGAN MEDIA SMART APRON UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A Allan Firman Jaya; Maria Ulfa
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.37 KB)

Abstract

This research aims to develop a media in the form of an apron (apron) to teach children's knowledge about children's geometric abilities. Child geometry is included in the cognitive development of early childhood. In an effort to develop the media, the Sugiyono model is used which consists of 1) potential and problems, 2) data collection, 3) product design, 4) design validation by material experts and media experts and product revisions. Product trials were not carried out in this research due to the pandemic.
PENGEMBANGAN MEDIA BAJU ARITMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN ARITMATIKA PADA ANAK USIA DINI Ifa Aristia Sandra Ekayati; Nilda Lailatur Rokhmah
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.717 KB)

Abstract

This study aims to provide new innovations to facilitate the teaching and learning process in delivering counting 1-10 material. This makes it easier and increases student focus in recognizing the symbols of numbers 1-10. The research method used using the research model from Borg an Gall, the researcher managed to summarize the results of this research method, including The feasibility test of the media in the teaching and learning process, b. Improve children's ability to recognize simbols 1-10 The media for arithmetic clothes is expected to be a way out in solving the difficulties of early childhood recognizing numbers 1-10, the arithmetic clothing media presents color and enthusiasm for children to recognize numbers 1-10, so that children will focus more on following the learning process. Data were obtained through questionnaires and interviews. Participants in this study were 5 validators from PG PAUD study program lecturers, the results of the study of two validators with the sum of the scores, the media of arithmetic clothes on validator I got a score of skor 90,47 (No revision, valid ), and the validator II got a score of 85,45 (Not revised, valid).
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI GIZI UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI THREE TIER DIAGNOSTIC TEST Dwi Imam Efendi; Sumadi .; Ifa Aristia Sandra Ekayati
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.49 KB)

Abstract

Untuk mengetahui miskonsepsi mahasiswa terkait dengan konsep gizi untuk tubuh kembang anak melalui three-tier diagnostic test dengan model pembelajaran inkuiri merupakan tujuan dari penelitia ini. Dalam penelitian tersebut, miskonsepsi ditentukan melalui soal test pilihan ganda yang disertai dengan alasan jawaban dan lapisan ketiga ada kepastian jawaban. Partisipan yang digunakan berjumlah 35 mahasiswa pada tahun jaran 2019/2020. Dalam perangkat pengumpulan data, mahasiswa diminta mengerjakan soal three tier diagnostic test, analisis data menggunakan komputasi. Hasil analisis tes menunjukkan beberapa mahasiswa mengalami miskonsepsi pada konsep gizi untuk tumbuh kembang anak
ANALISIS DATA AHLI MATERI PADA MEDIA BUSY BOOK UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF DI KB KARTINI SEDAYULAWAS KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN Kamila Kamila; Risma Nugrahani
GCEJ (Golden Childhood Education Journal) Vol 2 No 1 (2021)
Publisher : Program Studi PG PAUD Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.891 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media busy book sebagai media pembelajaran mengenal huruf di KB Kartini Sedayulawas. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model R&D (Research and Development) yang memiliki 10 tahapan dalam proses penelitiannya. Namun, karena terbatasnya waktu yang dimiliki dan adanya wabah Covid-19 maka peneliti hanya menggunakan tahap pertama hingga kelima. Subjek penelitian adalah para validator terdiridari ahli materi 2 orang, serta objek penelitian adalah media busy book. Untuk menentukan kelayakan media busy book yang dikembangakan data yang dihasilkan diolah dengan pedoman kriteria yang telah ditentukan. Setelah dilakukan validasi produk diperoleh 61,7% dengan kategori “layak” dari ahli materi. Sehingga dari hasil tersebut diperoleh hasil bahwa media busy book layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran untuk mengenalkan huruf di KB Kartini Sedayulawas.

Page 1 of 4 | Total Record : 35