Golden Childhood Education Journal (GCEJ)
Vol 2 No 2 (2021): Vol. 2 No. 2 Tahun 2021

PENGEMBANGAN MEDIA BUSYBAG UNTUK PEMBELAJARAN KEMAMPUAN KOGNITIF, BAHASA DAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI MEDIA BUSYBAG

kholifah kholifah (universitas pgri ronggolawe)
Sumiyati Sumiyati (TK Tunas Bangsa Babat)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitianini dilatar belakangi kurangnya ketersediaan media yang menarik untuk pelaksanaan pembelajaran. Maka dari itu, peneliti melakukan pengembangan media busybag untuk membantu pembelajaran anak usia 3-4 tahun terutama dalam perkembangan aspek kognitif, bahasa dan motorik halus. Tujuan dari‘penelitian ini adalah menciptakan sebuah media yang menarik Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut, pengembangan media busybag menggunakan pendekatan penelitian RND (Researc and development) dengan menggunakan’model pengembangan Borg and Gall (dalamSugiono, 2015:35);yang terdiri dari 10 tahap dintaranya adalah:’1).Observasi’dan pengumpulan data, 2).Perencanaan, 3). Pengembangan bentuk awal’produk, 4).Pengujian lapangan bentuk’awal, 5).Revisi Produk awal, 6). Uji kelayakan produk, 7).’Revisi produk yang dioperasionalkan,;8). Pengujian;lapangan produk, 9).Revisi produk akhir, 10). Pendesiminsian dan pengimplementasian. Akan tetapi dikarenakan adanya pandemi covid-19 maka peneliti hanya menggunakan beberapa langkah yaitu’1). Observasi dan pengumpulan data, 2). Perencanaan, 3).Pengembangan bentuk awal, 4).Uji kelayakan produk, 5). Revisi produk akhir. Hasil penelitian media Busybag telah diuji oleh 2’dosen ahli materi dan 3 dosen ahli media. Penghitungan darirahli media mendapat 4,23 dan dinyatakan valid, dari ahli materi sendiri penghitungan mendapatkan 4,1 dan dinyatakan valid menjadi media busybag untuk membantu dalam pembelajaran kemampuan kognitif, bahasa dan’motorik halus anak usia 3-4 tahun.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

GCEJ

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Pendidikan Anak Usia Dini Pembelajaran Anak Usia Dini Parenting untuk Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan Anak Permasalahan Anak Usia Dini Lembaga Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Psikologi Perkembangan Anak Pemberdayaan Anak Strategi Pembelajaran Pendidikan ...