EduMatika: Jurnal MIPA
Vol. 1 No. 1 (2021): EduMatika : Jurnal MIPA

Desain Pengembangan Tari Serampang 12 Sebagai Media Pembelajaran Etnomatematika Materi Geometri Transformasi

Siska Anggi Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Rahmat Mushlihuddin (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2021

Abstract

Kesulitannya pemahaman konsep oleh peserta didik salah satunya disebabkan karena matematika mempunyai tingkat keabstrakan yang tinggi sehingga peneliti mendesain sebuah media pembelajaran berbasis media pembelajaran etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan tari serampang 12 sebagai media pembelajaran etnomatematika. Penelitian ini adalah merupakan penelitian pengembangan (RnD) menggunakan model 3-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen penelitian adalah angket uji kelayakan ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli, dari hasil penilaian akhir pada kelayakan tari serampang 12 sebagai media pembelajaran etnomatematika oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,53 dengan persentase 88,38% memenuhi kriteria layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pengembangan tari serampang 12 sebagai media pembelajaran etnomatematika materi geometri transformasi layak digunakan. Kata kunci : Desain Pengembangan, Tari Serampang 12, Media Pembelajaran Etnomatematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EMJU

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics

Description

EduMatika : Jurnal MIPA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Riset Mutiara Akbar, Medan, Indonesia merupakan jurnal akses terbuka yang dapat digunakan sebagai media interaksi bagi seluruh cendikiawan di bidang Penelitian pendidikan Matematika, Biologi, Fisika dan KImia.. Jurnal ini ...