Jurnal Faksi : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Vol. 2 No. 2 (2017): March 2017

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINIMNYA TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR 56 KELURAHAN SOOP DISTRIK KEPULAUAN KOTA SORONG

Budiman Budiman (Universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa faktor-faktor yang mempengaruhi minimnya tenaga pendidik di sekolah dasar inpres 56 di kelurahan Soop. Dan untuk mengetahui solusi mengatasi tenaga pendidik di sekolah dasar inpres 56 dalam memperlancar pelayanan di kelurahan Soop. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengambilan data terdiri dari 2 cara yaitu penelitian lapangan (teknik observasi, wawancara dan dokumentasi) dan penelitian pustaka. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang terdiri dari 2 orang dari tenaga pendidik pada SD Impres 56, tokoh Masayarakat 1 orang, Tokoh Adat 1 orang, Tokoh agama 1 Orang, Dan Tokoh Pemuda 1 orang dan yang ada di dalam kantor Lurah Sop 1 Orang.  Dari sampel ini menurutter Penulis sudah mewakili dari populasi yang akan di teliti. Dari hasil analisis yang dilakukan maka Faktor-faktor yang berpengaruh minimya tenaga pendidikan antara lain: isu keterbatasan sarana dan prasarana, faktor geografis dan transportasi kelangkaan sarana transportasi, jarak tempuh, waktu tempuh dan biaya, adanya kompetisi dalam memasuki pasar kerja tersebut merupakan salah satu pemicu munculnya konflik. Ada beberapa solusi mengatasi tenaga pendidik dalam memperlancar pelayanan yaitu penambahan jumlah guru dan tersedianya fasilitas penunjang kegiatan pelayanan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jf

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Faksi : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik is an open access, and peer-reviewed journal. Our main goal is to disseminate current and original articles from researchers and practitioners on various contemporary social and political issues: gender politics and identity, digital society and ...