PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)
Vol 1, No 1 (2021): PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 7 MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KELAS IV SDN UMBUL KAPUK

Enung Siti Nurjanah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Pada refleksi awal pelaksanaan pembelajaran Tema 7 di kelas IVA menunjukkan beberapa permasalahan yang mempengaruhi kualitas pembelajaran yang rendah, diantaranya faktor guru, peserta didik, dan fasilitas belajar. Solusi permasalahan ini adalah dilaksanakan penelitian tindakan kelas menggunakan dengan media video pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Tema 7 kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan peserta didik.Variabel penelitian adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan teknik tes berupa evaluasi. Kemudian hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 59%, pada siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 77% dan pada siklus III diperoleh rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 86%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan Media Video Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tema 7 di kelas IVA SDN Umbul Kapuk Kecamatan Takatakan Kota Serang. Saran bagi guru dalam menerapkan Media Video Pembelajaran adalah mempersiapkan tayangan video agar meningkatkan hasil belajar peserta didik, dalam menyampaikan materi lebih menarik minat peserta didik, selain itu dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prediksi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Prediksi (Profesi Pendidikan Indonesia) merupakan jurnal sarana untuk mengkomunikasikan berbagai hasil kegiatan penelitian dan kajian ilmiah yang dilaksanakan secara individu maupun berkelompok oleh dosen, guru, mahasiswa, lembaga pemerhati pendidikan, lembaga negara, dan sejenisnya. Berbagai hasil ...