PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS
Vol 7 No 1 (2019)

Penerapan Strategi Belajar PQ4R pada Materi Interaksi Atara Makhluk Hidup dengan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

JUWITA SARI (Unknown)
HERMIN BUDININGARTI (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan strategi belajar PQ4R. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimental dengan rancangan one group pre-test post-test design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas 7A dan 7B SMP Negeri 1 Kembangbahu yang masing-masing berjumlah 29 siswa untuk tiap kelasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan hasil belajar siswa antara Pre-test dan pos-test dikatakan signifikan, hal tersebut diketahui melalui perhitungan uji-t berpasangan dimana thitung > ttabel yaitu pada kelas 7A sebesar 7,04 dan thitung pada kelas 7B sebesar 14,06 sedangkan ttabel sebesar 2,07 dengan taraf signifikan α=0,05. Analisis uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dimana nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,56 pada kelas 7A dan 0,54 pada kelas 7B dengan kategori sedang. Hasil uji-t terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan dk=( = 56 dan peluang (1-1/2α); α= 0,05 diperoleh = 2,00; hal tersebut menunjukkan rata-rata hasil N-Gain Score materi perpindahan kalor pada kelas 7A sama dengan rata- rata hasil N-Gain Score kelas 7B. Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap penerapan strategi belajar PQ4R dengan persentase siswa yang memberikan jawaban positif adalah 98,69% pada kelas 7A dan 96,97% padakelas 7B. Kata kunci : Pembelajaran, PQ4R, Hasil Belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pensa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is an open access scientific journal to promoting scholarly science education research of interest to a wide group of people since 2012. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains managed by Department of Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas ...