PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS
Vol 8 No 1 (2020)

PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BUKU AJAR BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Muhammad Jakfar Shodik (Program Studi S-1 Pendidikan Sains - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya)
Martini Martini (Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya)
Wahyu Budi Sabtiawan (Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest and Postest Design. Data peningkatan hasil belajar diperoleh N-gain sebesar 0,59 dengan kategori peningkatan sedang. Hasil uji t berpasangan atau output paired sampels correlation mendapatkan Sig. 0,004 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terjadi perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulan dari penilitian ini adalah penggunaan buku ajar berbasis etnosains pada materi pencemaran lingkungan pada siswa MTs Darussalam Katimoho dapat meningkatkan hasil belajar siswa.   Kata Kunci: hasil belajar, etnosains, pencemaran lingkungan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pensa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is an open access scientific journal to promoting scholarly science education research of interest to a wide group of people since 2012. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains managed by Department of Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas ...