PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS
Vol 8 No 1 (2020)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI ZAT ADITIF

Lafilatul Anisa (Program Studi S-1 Pendidikan Sains - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya)
Martini Martini (Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya)
Enny Susiyawati (Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa terhadap pembelajaran berbasis socio-scientific issues pada materi zat aditif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulangan, semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan, tes, dan angket. Peningkatan kemampuan literasi sains dianalisis menggunakan uji N-Gain skor. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kemampuan literasi sains siswa pada pre-test 45 sedangkan post-test 82. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa tersebut dikategorikan sedang dengan indeks gain 0,67. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPA berbasis socio-scientific issues pada materi zat aditif dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.   Kata Kunci : Literasi Sains, Socio-Scientific Issues, Zat Aditif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pensa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is an open access scientific journal to promoting scholarly science education research of interest to a wide group of people since 2012. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains managed by Department of Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas ...