Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada sub materi pencemaran air untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Sidoarjo pada kelas VIII-J dengan jumlah peserta didik sebanyak 32. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi sampai pada tahap develop (Pengembangan). Hasil penelitian keefektifan LKS berbasis inkuiri terbimbing dapat ditinjau dari hasil analisis pre-test dan post-test siswa. Analisis hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa sebesar 13 siswa memperoleh nilai n-gain dalam kategori tinggi dan 19 siswa memperoleh n-gain dengan kategori sedang. Hasil penelitian menujukkan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbingpada sub materi pencemaran air dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek kelayakan efektivitas. Kata Kunci: KeefektifanLKS, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis.
Copyrights © 2020