PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS
Vol 9 No 1 (2021)

PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII

Choliva Meilinda (Universitas Negeri Surabaya)
Martini Martini (Universitas Negeri Surabaya)
Enny Susiyawati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis scientific approach terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-experimental, dengan desain penelitian one grup pre-test and post-test design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP di Gresik yang berjumlah 32 siswa dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-test dan post-test pada materi pencemaran air dalam bentuk essay berjumlah 6 butir soal, yang di dalamnya termuat tiga sub-keterampilan berpikir kritis. Sub-keterampilan berpikir kritis tersebut meliputi interpretasi (menjelaskan makna dan mengidentifikasi elemen penting); analisis (mengidentifikasi argumen dan membandingkan konsep); dan inferensi (membuat kesimpulan). Instrumen tes keterampilan berpikir kritis, diadaptasi dari penelitian Susiyawati, Elok, dan Dhita (2019) dan telah ditelaah oleh dosen ahli dengan sub-keterampilan berpikir kritis dan materi yang telah disesuaikan. Teknik analisis data, menggunakan uji n-gain dan uji t-berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa meningkat setelah pembelajaran berbasis scientific approach dengan n-gain score sebesar 0,66 yang termasuk dalam kriteria sedang dan hasil uji t-berpasangan didapatkan signifikasi sebesar 0,000 yang berartikan bahwa ada pengaruh pembelajaran scientific approach terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis scientific approach dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Kata Kunci: Scientific Approach, Keterampilan Berpikir Kritis, Pencemaran Air

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pensa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is an open access scientific journal to promoting scholarly science education research of interest to a wide group of people since 2012. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains managed by Department of Science, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas ...