Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi Fluida Statis melalui remediasi pembelajaran Fisika dengan menggunakan model pembelajaran Learning cycle7E. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Boyolali semester gasal Tahun Ajaran 2019/2020. Data utama dalam penelitian ini adalah hasil tes tertulis kemampuan kognitif siswa, sedangkan kajian dokumentasi merupakan sumber data pendukung. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam 3 teknik yaitu teknik observasi, teknik tes dan teknik kajian dokumentasi. Teknik validitas yang digunakan adalah triangulasi data dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan tercapainya target ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif materi Fluida Statis dari 39 % pada pra siklus dan 63,88 % pada siklus I menjadi 100 % pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah remediasi pembelajaran Fisika dengan model Learning cycle7E dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020 pada materi Fluida Statis.
Copyrights © 2020