Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12 No 2

Persepsi mahasiswa PGSD dalam pembelajaran mata kuliah Pendidikan Karakter melalui jurnal belajar

Rifda Mardian Arif (Unknown)
Yudha Adrian (Unknown)
Rahidatul Laila Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2017

Abstract

Tujuan peĀ­nelitian ini adalah untuk mengaji pengetahuan, persepsi dan persepsi mahasiswa dalam mata kuliah pendidikan karakter melalui jurnal belajar yang ditulis oleh setiap mahasiswa PGSD di setiap akhir perkuliahan. Jurnal belajar yang ditulis oleh mahasiswa PGSD berisikan deskripsi mengenai kemenarikan dan kendala atau hal-hal apa saja yang tidak dipahami dalam materi yang disampaikan di setiap perkuliahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti dalam penelitian ini bertindak sebagai pengumpul data. Status kehadirannya adalah sebagai pengamat terhadap informan atau pengamat penuh. Dengan kata lain, instrumen kunci adalah peneliti itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnal belajar dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk mengetahui persepsi mahasiswa terkait materi yang telah diajarkan. Persepsi tersebut bermacam-macam tergantung pendapat dari responden tersebut. Pada dasarnya jurnal belajar memaparkan pemahaman responden terhadap materi yang masih membekas dalam ingatannya. Selain itu, jurnal belajar dapat digunakan untuk mengamati perkembangan kemampuan responden dalam menangkap materi yang diajarkan. Hasil belajar yang terlaksana pada setiap pertemuan dapat dilihat oleh dosen pengampu mata kuliah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpl

Publisher

Subject

Arts Education Mathematics Other

Description

Lentera merupakan jurnal ilmiah pada bidang pendidikan dan ilmu-ilmu kependidikan yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3MP) STKIP PGRI ...