Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11 No 1

Persepsi siswa terhadap proses pembelajaran IPS berbantuan multimedia di kelas IV dan V SDN Banjarbaru Utara 2

Normalasarie Normalasarie (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2016

Abstract

Persepsi memiliki peranan penting dalam perkembangan berfikir anak, karena berhubungan dengan pesan atau informasi yang masuk kedalam otak manusia, melalui persepsi manusia terus menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya, dan hubungan ini dilakukan lewat inderanya yaitu indera penglihat, pendengar, peraba, dan perasa. Untuk menjaga kesalahan persepsi dalam proses pembelajaran maka multimedia hadir dalam pendidikan untuk menyamakan persepsi siswa. Penelitian ini berfokus untuk mengungkap; (1) persepsi siswa terhadap proses pembelajaran; (2) persepsi siswa terhadap penggunaan multimedia; (3) persepsi siswa dalam interaksi pembelajaran. Kegunaan penelitian ini sangat berguna sebagai bahan tambahan untuk mengoptimalkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan prosedur pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah; (1) persepsi siswa terhadap proses pembelajaran sangat positif, dan siswa menyukai pembelajaran yang disampaikan guru, termasuk pembelajaran menggunakan multimedia; (2) persepsi siswa terhadap penggunaan multimedia sangat efektif, hal ini terlihat pada saat pembelajaran, siswa dapat memahami teknologi; (3) persepsi siswa dalam interaksi pembelajaran, sangat bangus dan siswa melakukan pembelajaran secara klasikal, kelompok dan individu. Dengan demikian pembelajaran menggunakan multimedia merangsang siswa untuk beraktivitas dalam pembelajaran.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpl

Publisher

Subject

Arts Education Mathematics Other

Description

Lentera merupakan jurnal ilmiah pada bidang pendidikan dan ilmu-ilmu kependidikan yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3MP) STKIP PGRI ...