Jurnal Pendidikan Hayati
Vol 4 No 1

Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sain Siswa MTsN Pada Konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup

Sylvania Fitria Rubianti (Unknown)
Rezky Nefianthi Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2018

Abstract

Proses pembelajaran IPA siswa perlu dilatih untuk mengembangkan sejumlah keterampilan ilmiah yang sering disebut sebagai Keterampilan Proses Sains (KPS). Untuk maksud tersebut maka siswa harus dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran agar mereka dapat belajar secara mandiri menemukan sendiri pengetahuan yang sedang disajikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Sainstifik terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa kelas VII MTsN 2 Batang Alai Selatan pada konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis penelitian ekperimen kuasi dan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelas diperoleh thiting sebesar 6,82 sedangkan ttabel sebesar 2,09 sehingga thitung > ttabel yang menunjukan bahwa hipotesis alternatif Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan penggunaan pembelajaran saintifik terhadap keterampilan proses sains siswa (KPS) pada konsep keanekaragaman mahluk hidup. Kata Kunci: Pendekatan Sainstifik, Keterampilan Proses Sains, Keanekaragaman Makhluk Hidup

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPH

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Library & Information Science Other

Description

Berisi artikel-artikel ilmiah baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing, yang memuat tentang kependidikan dan kajian ilmu - ilmu pengetahuan alam dan sosial dan memfasilitasi publikasi hasil-hasil penelitian maupun pemikiran konseptual serta turut mengembangkan pendidik dan dunia ...