Jurnal Pendidikan Hayati
Vol 5 No 2

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMPN 18 Malang

Mardiana Mardiana (Sekolah Tinggi Ilmu Qur`an Amuntai)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

Menghadapi kehidupan abad 21 yang sangat kompetitif menuntut sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kompetensi dalam berbagai bidang kehidupan. Pendidikan berperan sangat penting dalam mewujudkannya, oleh karena itu diperlukan suatu proses pembelajaran bermakna yang tidak hanya dalam pengetahuan saja namun juga sikap dalam segala aspek kehidupan. Penerapan model pembelajaran yang sesuai dapat menjadikan kegiatan pembelajaran lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penerapan pembelajaran berbasis masalah diharapkan dapat meningkatkan seluruh kompetensi siswa di segala aspek penilaian salah satunya aspek kognitif. PBM bersifat konstruktivisme yang dapat membuat siswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan sendiri, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa, meningkatkan penguasaan materi pembelajaran dan melatih keterampilan memecahkan masalah yang secara tidak langsung akan mempengaruhi sikap siswa dalam memecahkan masalah di kehidupan nyata yang terjadi di lingkungan sekitar mereka, serta akan mampu menghasilkan solusi yang dapat memecahkan masalah tersebut. Metode ini menyediakan pengalaman langsung bagi siswa, Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII I SMPN 18 Malang dengan pretes dan postes dan analisis data dengan uji t berpasangan (paired-sampel t test). Hasil penelitian pada hasil belajar kognitif menunjukkan nilai t hitung sebesar -7,97 dengan signifikan 0,00. Hal ini berarti (0,00 < 0,05) sehingga terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada sebelum dan sesudah pembelajaran siswa kelas VII I SMPN 18 Malang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPH

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Library & Information Science Other

Description

Berisi artikel-artikel ilmiah baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing, yang memuat tentang kependidikan dan kajian ilmu - ilmu pengetahuan alam dan sosial dan memfasilitasi publikasi hasil-hasil penelitian maupun pemikiran konseptual serta turut mengembangkan pendidik dan dunia ...