JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya)
Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP)

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA II MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS JAMBI

Nurhidayah Nurhidayah (Universitas Jambi)
Andi Putra Sairi (UIN Raden Fatah Palembang)
Husnul Hamdi (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2018

Abstract

Kurangnya motivasi belajar mahasiwa pada matakuliah fisika matematika II menjadi masalah yang serius karena akan menyebabkan rendahnya tingkat kelulusan mahasiswa iu sendiri. Di samping itu, metode yang digunakan oleh dosen juga cenderung lecture-centered sehingga menyebabkan kurangnya aktivitas mahasiswa selama kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu dilakukan sebuah penelitian dengan tujuan mendeskripsikan sejauh mana model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian dilakukan secara bersiklus yaitu dimulai dari perencanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Adapun objek penelitian ini adalah mahasiswa program studi fisika tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 33 orang yang mengambil mata kuliah fisika matematika II. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan angket motivasi. Hasil penelitian ini yaitu meningkatnya motivasi belajar mahasiswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw dalam mata kuliah fisika matematika II di FST UNJA. Hal ini didasari dari data bahwa motivasi mahasiswa selama siklus I sebesar 73,62% dengan kategori “cukup” dan meningkat menjadi 83,53 % dengan kategori “tinggi” selama siklus II.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jifp

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings related to physics (Materials, Computation, and Theory) and education physics (learning media ...