Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar skor signifikansi pengaruh penggunaan metode Index Card Match terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Keliling Danau Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis komparasional yaitu uji beda rata-rata dengan “t” Test. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIB. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Index Card Match terhadap hasil belajar fisika pada mata pelajaran cahaya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Keliling Danau Kabupaten Kerinci. Dimana diperoleh to sebesar 4,076 sedangkan tt 2,06 dan 2,78 sehingga to lebih besar dari tt maka Hipotesis Alternatif diterima. Kata Kunci: Metode, Index Card Match, Hasil Belajar
Copyrights © 2019