Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"
Vol 3, No 1 (2021): Februari

PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI DI MI PLUS NUR RAHMAN KOTA BENGKULU

Alimni Alimni (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu)
Alfauzan Amin (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu)
Muhammad Faaris (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem full day school terhadap pembentukan karakter toleransi siswa kelas IV MI Plus Nur Rahman Kota Bengkulu.Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data sistem yaitu dengan cara observasi, angket, daring dan dokumentasi langsung. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode  analisis deskriptif dan analisis Regresi Linier Sederhana. Dapat  disimpulkan  Bahwa sistem Full  day school    mempunyai pengaruh terhadap pembentukan karakter Toleransi. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dimana Fhitung lebih besar  dari pada Ftabel  ,  yang  diperoleh dari harga koefisien determinasi (R Square)  yaitu sebesar 0.333  atau sebesar 33.3 %. Artinya variable sistem full day school  itu  berpengaruh sebesar 33.3 % terhadap pembentukan karakter toleransi siswa, sisanya dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan dapat  memeberikan kontribusi begi berbagai pihak sebagai sebuah masukan yang bermanfaat dari kemajuan di masa mendatang.  Adapun    pihak-pihak  tersebut  yaitu,  Untuk  madrasah  Hasil  penelitian  ini hendaknya berguna sebagai masukan dan bahan pertimbangan dalam meningkatkan karaekter Toleransi siswa dengan bekerja sama dengan orang tua siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

multikultura

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal Pendidikan “EDUKASIA MULTIKULTURA” is a peer-reviewed journal that concerns with the field of Education under various topic etc. Philosophy, Curriculum, Methode, Sociology The article may be written with two types; research and conceptual idea. The research comprises scholarly reports ...