Jurnal Pendidikan "EDUKASIA MULTIKULTURA"
Vol 1, No 2 (2019): Agustus

HUMANISME ISLAM DALAM PEMIKIRAN AHMAD SYAFI’I MA’ARIF

Nuraini Nuraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini telaah terhadap pemikiran humanisme Islam Ahmad Syafi’i Ma’arif melalui metode deskriptis analisis dengan pendekatan filosofis, yaitu: memaparkan, menggambarkan, dan menganalisa sejarah humanisme dan pandangan humanisme Islam dalam pandangan Ahmad Syafi’i Ma’arif, dengan formula sebagai berikut: pertama, menjelaskan makna dan sejarah dari humanisme, kedua, mendiskripsikan pandangan humanisme Islam menurut Ahmad Syafi’i Ma’arif, dengan memaparkan implikasi humanisme Islam terhadap masalah kemanusiaan dalam kehidupan sosial masyarakat. Gagasan humanisme Islam Ahmad Syafi’i Ma’arif berangkat dari keprihatinannya terhadap berbagai gerakan yang menginginkan Islam ditampilkan dalam bentuk legal formal serta berbagai kesenjangan ekonomi, tindak kekerasan, konflik horizontal atas nama agama yang masih saja terjadi di negara ini. Kaitan humanisme Islam Ahmad Syafi’i Ma’arif dengan konteks keIndonesiaan adalah upaya Ahmad Syafi’i Ma’arif untuk senantiasa meperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan universal, demokrasi, Pancasila, pluralitas agama, keadilan, kesetaraan gender, hak-hak kaum minoritas, serta perdamaian untuk semua. Humanisme Islam Ahmad Syafi’i Ma’arif melandaskan basic media untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri dan sejahtera. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep humanisme Islam Ahmad Syafi’i Ma’arif sebagai wacana yang digunakan untuk memberikan apresiasi yang luas terhadap segala hal yang baik dalam manusia serta perhatian pada kesejahteraan setiap individu. Konsep humanisme Islam Ahmad Syafi’i Ma’arif menunjukkan kepeduliannya terhadap HAM, keadilan, Pancasila, demokrasi, kesetaraan gender, dan pluralitas agama serta untuk menciptakan Islam yang rahmatan lil’alamin.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

multikultura

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal Pendidikan “EDUKASIA MULTIKULTURA” is a peer-reviewed journal that concerns with the field of Education under various topic etc. Philosophy, Curriculum, Methode, Sociology The article may be written with two types; research and conceptual idea. The research comprises scholarly reports ...