EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Volume 1 Nomor 1 Oktober 2021

Pengelolaan Kelas Dalam Menunjang Keefektifan Pembelajaran Di SD

Kartina Kartina (Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar)
Wahira Wahira (Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar)
Andi Wahed (Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan kelas dalam menunjang  keefektifan pembelajaran di SD.  Fokus penelitian ini antara lain (1) Keterampilan memulihkan kondisi belajar. (2) Keterampilan menciptakan kondisi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan data dari kepala sekolah dan guru di SD 31 Maros Kecamatan Turikae Kabupaten Maros. Hasil yang diperoleh yaitu (1) Keterampilan memulihkan kondisi belajar di terapkan dengan baik untuk menciptakan kondisi belajar yang efektif di dalam kelas dengan memodifikasi tingkah laku, pengelolaan kelompok, dan menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah. (2) Dilihat dari keterampilan menciptakan kondisi belajar dilaksanakan dengan memperhatikan tingkah laku peserta didik ketika berada di dalam kelas dengan menunjukkan sikap tanggap, membagi perhatian, memusatkan perhatian kelompok, memberikan petunjuk yang jelas, menegur, dan memberikan penguatan. Guru harus lihai melihat keadaan dan mengatur peserta didik ketika berada di dalam kelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EDUSTUDENT

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope Jurnal adalah 1. Administrasi Pendidikan 2. Bimbingan dan Konseling 3. Pendidikan Luar Biasa 4. Pendidikan Luar Sekolah 5. Teknologi Pendidikan 6. Pendidikan Guru Sekolah ...