EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Volume 1 Nomor 3 April 2022

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting

Dian Wahyuning Asih (UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)
Kartini Marzuki (Universitas Negeri Makassar)
Susilawati Susilawati (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Abstract. The purpose of this study was for researchers to know the improvement in fine motor physical development through cutting activities. The method used is Classroom Action Research where this research is an action to solve a problem in activities to improve the learning process. The research was conducted in two cycles. Each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection stages. The results showed that improving children's fine motor skills through cutting activities was proven to be used in learning. In the first cycle, the average ability of children reached 76.63%, increasing to 91.16% in the second cycle. The increase is marked by increased interest, ability, neatness, and independence of children. This activity uses color images and character scissors that have never been used in previous research. Based on these results, it can be concluded that children's fine motor skills can be improved through cutting activities..Abstrak. Tujuan dari penelitian ini agar peneliti mengetahui peningkatan dalam pengembangan fisik motorik halus melalui kegiatan menggunting. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dimana penelitian ini adalah suatu tindakan untuk memecahkan suatu masalah dalam kegiatan untuk memperbaiki proses dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan dalam II siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting terbukti dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Pada siklus I kemampuan rata rata anak mencapai 76,63 % meningkat menjadi 91,16% pada siklus II. Peningkatan ditandai dengan meningkatnya minat, kemampuan, kerapian, dan kemandirian anak. Kegiatan ini menggunakan media gambar yang berwarna dan gunting karakter yang belum pernah digunakan pada penelitian sebelumnya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menggunting.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EDUSTUDENT

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope Jurnal adalah 1. Administrasi Pendidikan 2. Bimbingan dan Konseling 3. Pendidikan Luar Biasa 4. Pendidikan Luar Sekolah 5. Teknologi Pendidikan 6. Pendidikan Guru Sekolah ...