Media Eksakta
Vol 16 No 1 (2020)

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 PALU

Dewi Purnama Sari (Universitas Tadulako)
Yusuf Kendek (Universitas Tadulako)
Syamsu Syamsu (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain posttest-only control group design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen (n=29) dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok kontrol (n=30). Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, dimana kedua kelas menggunakan metode eksperimen. Setelah pembelajaran selesai, kedua kelas diberikan tes akhir untuk menguji hasilnya. Berdasarkan hasil dari kedua kelas, dari analisa data diperoleh bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 14,81 dan skor rata-rata kelompok kontrol yaitu 9,03. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh  dan  pada taraf nyata . Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe taling stick disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Palu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jme

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics about mathematics and science in the field of ...