cover
Contact Name
Supriyatman
Contact Email
spymfis.untad@gmail.com
Phone
+6281220589841
Journal Mail Official
jurnalmediaeksakta@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno Hatta km.9, Mantikulore
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Media Eksakta
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 02163144     EISSN : 2776799X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The aim of this journal is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics about mathematics and science in the field of mathematics, physics, biology, and chemistry, and then mathematics and science education in the fields of curriculum, instruction, learning, preparation of teachers, and environmental education.
Articles 87 Documents
PENGARUH STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE DALAM PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 PALU Nurjannah Nurjannah; Amiruddin Kade; Muhammad Jarnawi
Media Eksakta Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.332 KB) | DOI: 10.22487/me.v16i1.723

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh strategi rotating trio exchange dalam model pembelajaran aktif terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kuasi dengan desain “The Equivalent Pretest-Posttest Design”. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaan konsep fisika dalam bentuk esai yang telah divalidasi oleh ahli. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pretest pemahaman konsep fisika siswa kelas eksperimen adalah 12,86 dengan standar deviasi 2,44, untuk rerata skor posttest adalah 20,77 dengan standar deviasi 2,49. Untuk kelas kontrol diperoleh rerata skor pretest 12,68 dengan standar deviasi 2,03, sedangkan untuk rerata skor posttest adalah 18,04 dengan standar deviasi 2,38. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak dengan taraf signifikan α=0,05. Diperoleh  nilai hasil thitung = 2,77 dan ttabel = 2,02. Ini berarti bahwa nilai thitung  berada diluar daerah penerimaan Ho. Hasil ini menunjukkan ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh strategi rotating trio exchange dalam pembelajaran aktif terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Palu.
ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GERAK LURUS Ni Wayan Diana Putri; Supriyatman Supriyatman; Sahrul Saehana
Media Eksakta Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.09 KB) | DOI: 10.22487/me.v16i1.725

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa kelas XI IPA 3  di SMA Negeri 5 Palu tentang gerak lurus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Palu. Subyek penelitian adalah siswa XI IPA 3 yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang di gunakan adalah tes pilihan ganda beralasan yang disertai dengan tingkat keyakinan dalam menjawab soal (Three-tier diagnostic test) berjumlah 18 butir soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat miskonsepsi siswa dengan menggunakan Three-tier diagnostic test tergolong tinggi dengan rata-rata persentase 52,78% bila dibandingkan dengan jumlah rata-rata siswa yang tidak paham konsep yang mencapai 37,04% dan jumlah rata-rata siswa yang paham konsep mencapai 10,18%. Miskonsepsi disebabkan  karena jawaban sudah sesuai dengan konsep ilmiah namun responden tidak yakin dengan jawaban dan ada  beberapa responden hanya menerka jawaban serta tidak yakin dengan jawaban. Miskonsepsi dominan pada konsep tentang kecepatan lebih besar dan kecepatan paling besar.
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT SEDERHANA KONVERSI ENERGI MEKANIK DALAM MODEL PEMBELAJARAN POE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI KELAS VII SMPN 15 SIGI Liska Fajaryani; Sahrul Saehana; I Wayan Darmadi
Media Eksakta Vol 16 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.711 KB) | DOI: 10.22487/me.v16i2.726

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh penggunaan alat sederhana dalam model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) menggunakan metode eksperimen dan model pembelajaran POE tanpa metode eksperimen pada siswa kelas VII di SMP Negeri 15 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the eqivalent pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Sigi. Teknik Sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan kela VII A sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda yang telah divalidkan melalui validitas kontruksi. Tes hasil belajar siswa yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar 14,91. Dimana hasil ini lebih tinggi dari pada kelompok kontrol yaitu 11,20. Uji hipotesis Uji-t (dua pihak), diperoleh  = 3,18 dan  = 2,00 pada taraf nyata α = 0,05. Ini berarti bahwa nilai  berada diluar daerah penerimaan . Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan alat sederhana dalam model pembelajaran POE menggunakan metode eksperimen dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran POE tanpa metode eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Sigi.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SFAE BERBANTUAN KOMIK EDUKATIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PALU Nursyamsi Nursyamsi; Muslimin Muslimin; Amiruddin Hatibe
Media Eksakta Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.875 KB) | DOI: 10.22487/me.v16i1.727

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) berbantuan komik edukatif terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi yang menggunakan desain penelitian the equivalent pretest-postest design. Penelitian ini menggunakan sampel pada kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol, dengan sampel pada masing-masing kelas berjumlah 32 dan 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep berbentuk tes pilihan ganda beralasan berjumlah 20 soal. Berdasarkan tes pemahaman konsep yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai posttest lebih tinggi daripada nilai pretest. Adapun skor tertinggi posttest yaitu 37 dan skor tertinggi pretest yaitu 31. Uji peningkatan hasil tes diperoleh nilai rata-rata N-gain yaitu 55,28% dengan kriteria sedang. Hasil perhitungan dari uji hipotesis (uji-t) diperoleh thitung sebesar 4,04 dan ttabel pada taraf nyata α = 0,05  dan dk = 60 yaitu 1,67. Hal ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0 . Dengan demikian, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SFAE berbantuan komik edukatif terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Palu.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LAB BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PALU Weni Anggraeni; Unggul Wahyono; Darsikin Darsikin
Media Eksakta Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.972 KB) | DOI: 10.22487/me.v16i1.728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran virtual lab berbasis android terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP N 3 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain the non equivalent pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi oleh validator. Dari analisis data, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata skor posttest adalah 9,57 dengan standar deviasi sebesar 3,35. Sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest adalah 7,19 dengan standar deviasi sebesar 3,08. Berdasarkan uji hipotesis (uji-t dua pihak) diperoleh thitung = 2,69 dan t0,95(60) = 1,67 pada taraf nyata  = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran virtual lab berbasis android terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP N 3 Palu.
PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN KOMIK DAN TANPA BANTUAN KOMIK PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-AZHAR MANDIRI PALU Sofwiyatul Banat; Muslimin Muslimin; Sahrul Saehana
Media Eksakta Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.993 KB) | DOI: 10.22487/me.v16i1.729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika antara kelas yang menggunakan model pembelajaran guided discovery berbantuan komik dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran guided discovery tanpa bantuan komik pada siswa kelas VIII SMP Al-Azhar Mandiri Palu. Penelitian ini tergolong penelitian Quasi Experimental dengan desain Non-Equivalent Control Group. Sampel penelitian ini adalah 47 siswa. Data pemahaman konsep dikumpulkan dengan memberikan tes pemahaman konsep yang terdiri dari 5 soal uraian. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji dua pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara kelas yang menggunakan model pembelajaran guided discovery berbantuan komik dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran guided discovery tanpa bantuan komik (nilai  thitung = 4,35 > nilai = 2,01). Gain Score kedua kelas tersebut berada pada kriteria sedang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang kurang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran guided discovery berbantuan komik dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran guided discovery tanpa bantuan komik pada siswa kelas VIII SMP Al-Azhar Mandiri Palu.
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 PALU Dewi Purnama Sari; Yusuf Kendek; Syamsu Syamsu
Media Eksakta Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.358 KB) | DOI: 10.22487/me.v16i1.730

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain posttest-only control group design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen (n=29) dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok kontrol (n=30). Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, dimana kedua kelas menggunakan metode eksperimen. Setelah pembelajaran selesai, kedua kelas diberikan tes akhir untuk menguji hasilnya. Berdasarkan hasil dari kedua kelas, dari analisa data diperoleh bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 14,81 dan skor rata-rata kelompok kontrol yaitu 9,03. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh  dan  pada taraf nyata . Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe taling stick disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Palu.
ANALISIS KUALITAS AIR TANAH DI PETOBO Putri Hasanah; Irwan Said
Media Eksakta Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.33 KB) | DOI: 10.22487/me.v16i1.731

Abstract

The purpose of this study was to determine groundwater quality based on parameters of pH, COD, and BOD levels. These parameters are in accordance with Government Regulation No. 82 the year 2001 that concern the management of water quality and control of water pollution. pH meter was used for pH measurement. For COD concentration, the titrimetric titration was used while the iodometric titration for BOD concentrations. The results showed that the pH value of water was 7.9, the COD level was 7.84 mg/L and the BOD level was 1.68 mg/L. According to Government Regulations No. 82 the year 2001, it states that the level of COD based on its class is 10 mg/L (class I), and BOD based on its class is 2 mg/L. Therefore, the result of the COD and BOD concentrations are below of class 1 standards, it means the groundwater quality for two parameters in the Petobo area is still suitable for daily use.
ARANG AKTIF SERBUK GERGAJI KAYU JATI (TECTONA GRANDIS L.F) SEBAGAI BAHAN ADSORBEN PADA PEMURNIAN MINYAK JELANTAH Nusratullah Nusratullah; Sitti Aminah
Media Eksakta Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.024 KB) | DOI: 10.22487/me.v16i1.732

Abstract

sed cooking oil can increase the potential for cancer in the body. Therefore, used cooking oil processing efforts were made to improve its quality by using activated charcoal adsorbent of Tectona Grandis L. F sawdust. This study aimed to improve the quality of used cooking oil through refinign by using charcoal adsorbent of Tectona Grandis L.f sawdust. used cooking oil samples were obtained from Ogoamas 1 Village, Sojol Utara District, Donggala Regency. Based on the results of testing the quality of the oil obtained, the water content was 0.22%, free fatty acid content was 0.25% peroxide number was 1.83 meq / Kg, the iodic number was 45, specific gravity was 0.900 g / mL and oil color clear oil with absorbance value was 0.031 A. Based on the quality of several parameters of cooking oil using activated  charcoal of Tectona Grandis L.f sawdust, it has fulfilled the  quality requirements of cooking oil according to SNI 3741-1995.
PURIFIKASI MINYAK GORENG BEKAS DENGAN PROSES ADSORBSI MENGGUNAKAN ARANG KULIT KACANG TANAH (ARACHIS HYPOGAEA L.) Mardiana Mardiana; Tri Santoso
Media Eksakta Vol 16 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.12 KB) | DOI: 10.22487/me.v16i1.733

Abstract

Absorbents have been widely used in purification of used cooking oil to improve the oil quality. This study aimed to determine the quality of used cooking oil after adsorbed using activated charcoal from peanut shells based on the best purification time in accordance with SNI 01-3741-1995. Oil quality parameters used are color, free fatty acid content, peroxide number, iodine number, water content, and oil density. The best results were obtained at 120 minutes purification time with an absorbance value of 0.023 A, free fatty acid content of 0.22%, peroxide number of 1.83 meq/kg, iodine number of 43.40, moisture content of 0.19% and oil density of 0.924 g/mL Only iodine number and oil density from the six parametersthat have not yet met the SNI cooking oil quality requirements.