JURNAL TALENTA
Vol. 4 No. 2 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 2 DESEMBER 2013

MENINGKATKAN MOTIVASI INTRINSIK ANAK DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG MELALUI KEGIATAN BERBASIS ALAM

Ihsan Widiantono (02)
Hera Efdaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2020

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi anak dalam pembelajaran berhitung melalui kegiatan berbasis alam anak usia 5-6 tahun TK Al-hidayah Pulau Kampung Kecamatan Kampar Timur. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian yang dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa sebagian besar anak dengan prekwensi 35 orang 41% anak yang dinyatakan berkembang sesuai harapan hanya dengan prekwensi 32 orang 38%, sedangkan yang dinyatakan mulai muncul dengan prekwensi 17 orang anak 20%. Anak yang dinyatakan perkembangan motivsinya belum muncul. Pada siklus ke II sebagian besar anak dengan prekwensi 57 orang 67% anak yang dinyatakan berkembang sesuai harapan hanya dengan prekwensi 18 orang 21%, sedangkan yang dinyatakan mulai muncul dengan frekwensi 6 orang anak 7%. Anak yang dinyatakan perkembangan motivasi intrinsiknya belum muncul. Dengan demikian dapat hipotesis yang berbunyi “melalui kegiatan pembelajaran berbasis alam dapat meningkatkan motivasi intrinsik dalam pembelajaran berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Al-hidayah Pulau Kampung Kecamatan Kampar Timur” di ”Terima”. Artinya apabila kegiatan pembelajaran berbasis alam dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran maka motivasi intrinsik anak akan meningkat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...