BroadComm
Vol 4, No 1 (2022)

PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI SUBSCRIBERS PADA CHANNEL YOUTUBE OTOMOTIF RIDWAN HANIF

Nuke Farida (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma)
Endah Purwitasari (AKMRTV Jakarta)
Imam Taufik (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel kredibilitas influencer terhadap minat beli subscribers pada Youtube channel otomotif Ridwan Hanif. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori SOR (Stimulus-Organism-Response). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei dengan menggunakan teknik penyebaran kuesioner pada 385 sampel penelitian, sampel didapatkan dari perhitungan rumus Rao Purba dan populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya. Teknik pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan pada minimal 30 sampel. Hasil penelitian yang didapatkan dari perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 25 adalah variabel kredibilitas influencer memberikan pengaruh sebesar 14,9% pada variabel minat beli subscriber channel Youtube otomotif Ridwan Hanif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut berpengaruh signifikan dengan kategori rendah. Kata kunci: Kredibilitas Influencer, Minat Beli, Ridwan Hanif, Subscribers, Youtube

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

broadcomm

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Broadcasting Communication (Bcomm) menerima karya ilmiah dari Akademisi dan Praktisi untuk dipublikasikan pada terbitan April maupun oktober tiap tahunnya. Cakupan Tema yang dimaksud berkaitan dengan Media dan Teknologi, serta Sosial dan Humaniora. LINK : ...