cover
Contact Name
Noviawan Rasyid Ohorella
Contact Email
noviawanrasyid@gmail.com
Phone
+6281311209500
Journal Mail Official
jurnalbroadcomm@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cakung Cilincing Tim, Pulo Gebang, Cakung, RT.9/RW.8, Pulo Gebang, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13950, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta, 13950
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
BroadComm
ISSN : -     EISSN : 27762556     DOI : https://doi.org/10.53856
Jurnal Broadcasting Communication (Bcomm) menerima karya ilmiah dari Akademisi dan Praktisi untuk dipublikasikan pada terbitan April maupun oktober tiap tahunnya. Cakupan Tema yang dimaksud berkaitan dengan Media dan Teknologi, serta Sosial dan Humaniora. LINK : https://ejournal.akmrtv.ac.id/index.php/broadcomm/about/editorialPolicies#focusAndScope
Articles 56 Documents
MAKNA KERESAHAN TERHADAP KONDISI ALAM DALAM LIRIK LAGU (ANALISIS HERMENEUTIKA DALAM LIRIK LAGU “LAST ROAR” KARYA TUAN TIGABELAS) Jody Kurniawan; Karina Jayanti
Jurnal Broadcomm Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v1i2.113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam teks lagu Tuan Tigabelas “Last Roar”, yang didasarkan pada Teori Hermeneutik Paul Ricoeur berdasarkan otonomi teks dan interpretasi pendengarnya. Dalam interpretasi pendengar, mereka dipandu oleh otonomi teks, yaitu situasi pembaca yang tenggelam dalam ide, plot, dan gambar penulis tanpa sempat mempertanyakan latar belakang penulis, bagaimana kondisi pada saat itu, waktu teks itu ditulis, apa motivasi penulis dalam membuat teks, atau bahkan melihat latar belakang pembacanya sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara kepada pendengar yang memiliki koneksi dalam mendengarkan lagu “Last Roar” dan juga observasi dalam penelitian ini dilakukan secara online dengan browsing artikel yang membahas tentang musisi Tuan Tiga Belas dan karyanya serta video wawancara, video musik, dan referensi lain yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu “Last Roar” memiliki banyak makna yang saling terkait dari pendengarnya, mulai dari kritik sosial terhadap manusia hingga kondisi alam, peringatan atau pengingat kita sebagai manusia dalam melestarikan kondisi alam dan hewan, serta bentuk-bentuk keserakahan manusia untuk keuntungan mereka sendiri untuk pembukaan lahan kelapa sawit. Namun pada intinya lagu “Last Roar” menimbulkan keresahan tentang kondisi alam dan harimau sumatra, penciptanya berhasil membuat pendengarnya merasakan keresahannya. Sifat teks yang otonom, dalam penafsiran teks, saling terkait dengan maksud pengarang, situasi dan tempat teks itu dibuat, relasinya dengan teks lain, dan kondisi pendengar sebagai penafsir, sehingga jelaslah bahwa sebuah teks ketika berhadapan dengan penafsirnya memiliki karakter yang otonom.Kata Kunci: Kegelisahan, Tafsir, Lirik Lagu, Hermeneutika.
PENGARUH PENGGUNAAN CHANNEL YOUTUBE “KERAJINAN 5-MENIT” TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS PADA GENERASI MILENIAL Yanti Trianita; R. Kharismaya Fitriningrum
Jurnal Broadcomm Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v2i2.129

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan Channel YouTube Kerajinan 5 Menit terhadap pengembangan keterampilan kreatif pada generasi milenial menggunakan Teori Kognitif Sosial dan Teori Media Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah subscriber Channel YouTube Kerajinan 5 Menit dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji analisis data, uji korelasi, uji analisis regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis menggunakan uji T dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Channel Youtube Kerajinan 5 Menit terhadap perkembangan kreativitas pada generasi milenial. Hal ini sesuai dengan Teori Kognitif Sosial bahwa dengan menggunakan Channel YouTube Kerajinan 5 Menit dapat meningkatkan kemampuan kreativitas generasi milenial dengan mengamati dan meniru model-model yang ditampilkan dalam suatu kegiatan melalui YouTube. Kata Kunci : Kerajinan 5 Menit, Saluran YouTube, Kreativitas, Generasi Milenial
ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE DALAM PEMBERITAAN MUI BOIKOT PRODUK PERANCIS PADA BERITA DETIK.COM DAN CNNINDONESIA.COM Tri Wahyu Retno Ningsih; Dwi Asih Haryanti
Jurnal Broadcomm Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.382 KB) | DOI: 10.53856/bcomm.v3i2.219

Abstract

Presiden Perancis, Emmanuel Macron mendapat kecaman dari para umat Islam di seluruh penjuru dunia karena telah menghina umat Islam dengan karikatur dan ujaran kebencian terhadap Nabi Muhammad SAW, hal ini menjadikan sebuah kontroversi yang sangat fenomenal terutama bagi kaum umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembingkaian media online terhadap berita pemboikotan MUI terhadap produk Perancis. Metode analisis yang digunakan  adalah analisis framing model Pan dan Kosiscki. Sumber berita adalah Detik.com dan CNNIndonesia.com. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap media memiliki caranya tersendiri dalam mengkonstruksi pemberitaan MUI dalam memboikot produk Perancis. Dalam berita Detik.com, MUI menegaskan untuk melakukan boikot produk-produk dari Perancis dan menuntut permintaan maaf dari Presiden Macron kepada seluruh umat Islam di dunia. Sementara itu, berita CNNIndonesia.com MUI mengatakan kepada pemerintah RI untuk memberi peringatan keras kepada pemerintah Perancis dan berencana untuk melakukan boikot produk Perancis jika Macron tidak menghormati dan tidak bersikap toleran kepada umat Islam di seluruh dunia.Kata Kunci : MUI, Boikot, Produk Perancis, Analisis Framing, Media Online
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PADA KANTOR POS BESAR IBU KOTA JAKARTA Mariya Ulfah; Widyo Nurgroho
Jurnal Broadcomm Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v1i1.108

Abstract

Tujuann penelitian ini untuk melihat perkembangan teknologi yang telah membawa sistem baru dalam promosi perusahaan, tidak hanya mengandalkan sistem komunikasi pemasaran offline, kini perusahaan beralih ke sistem komunikasi pemasaran online. Dengan perkembangan teknologi tersebut, layanan pos, khususnya surat menyurat, menjadi semakin tidak populer. Kemudahan akses di satu sisi merupakan ciri dari era dimana semua teknologi berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksploratif, penelitian ini adalah untuk menggali data, tanpa mengoperasionalkan konsep atau menguji konsistensi realitas yang diteliti. Melalui perspektif konstruktivisme dan dengan menggunakan teori Determinisme Technology dan teori Marketing Mix. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan melakukan promosi online menggunakan media sosial, Kantor Pos DKI Jakarta dapat dengan mudah menjangkau khalayak di seluruh tanah air. Tumbuhnya inovasi digunakan untuk mendobrak sistem pemasaran ke arah yang lebih baik. Dalam hal ini, inovasi yang dihasilkan tidak hanya memudahkan perusahaan tetapi juga masyarakat sebagai pengguna jasa perusahaan. Selain itu, dengan menggunakan promosi offline sebenarnya dapat membantu Pos Indonesia untuk mengetahui apa yang diinginkan konsumen secara langsung. Hal ini untuk mewujudkan sistem kerja perusahaan sebagaimana motto yang telah ditetapkan yaitu “Untuk Anda, Kami Ada”.Kata Kunci: Pos Indonesia, Strategi, Komunikasi Pemasaran Terpadu­, Determenism Technology, Marketing Mix Theory
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAAN PENGGUNAAN APLIKASI DARING SHOPEE DI KOTA BOGOR Sendi Eka Nanda; Marina Agustina
Jurnal Broadcomm Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v2i1.124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap kepuasan penggunaan aplikasi online Shopee di Kota Bogor. Citra merek mempunyai peranan yang sangat penting dan melekat pada perkembangan merek. Reputasi dan juga kepercayaan merek juga selalu berhubungan dengan citra merek yang menjadikan acuan konsumen untuk mencoba ataupun menggunakan produk atau jasa. Teori kepuasan digunakan untuk mengupas penelitian ini sebagai fungsi kedekatan antara harapan pembeli terhadap produk dan hasil produk atau jasa yang dirasa oleh konsumen. Jika produk dan hasil produk atau jasa sesuai dengan ekspektasi atau melebihi harapan tersebut maka kepuasan yang dirasakan adalah tinggi atau positif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam peta ini meliputi wilayah Bogor. Sampel yang diambil berjumlah 400 responden dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa citra merek berpengaruh sebesar 52,6% terhadap kepuasan menggunakan aplikasi online Shopee di Kota Bogor. Kata kunci: Citra Merek, Kepercayaan Merek, Kepuasan, Konsumen, Reputasi
TERPAAN PEMBERITAAN COVID 19 DI INSTAGRAM TERHADAP PERUBAHAN INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS GUNADARMA Choirul Umam; Andhini Nur Aini
Jurnal Broadcomm Vol 3, No 1 (2021)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v3i1.140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Terpaan Pemberitaan Covid 19 Di Instagram Terhadap Perubahan Interaksi Sosial Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dimana peneliti melakukan penelitian dengan cara menyebarkan kuesioner. Teori yang digunakan peneliti adalah SOR Stimulus-Organism-Respons. Serta paradigma yang digunakan adalah positivisme. Hasil penelitian menunjukan bahwa  terpaan pemberitaan covid 19 di instagram berpengaruh terhadap perubahan interaksi sosial mahasiswa fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarama angkatan 2017. Besarnya pengaruh terpaan pemberitaan covid 19 di instgaram terhadap perubahan interaksi sosial mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma memiliki nilai yang positif. Saran dari peneliti adalah dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan secara akademis kepada mahasiswa/I dalam menggunakan instagram untuk mencari informasi agar lebih bijak, terlebih dalam melakukan interaksi sosial terhadap sesama pengguna. Agar terhindar dari masalah-masalah yang kemungkinan dapat terjadi karena menggunakan dengan tidak baik.Kata Kunci: Terpaan Berita, Covid-19, Interaksi Sosial
PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI SUBSCRIBERS PADA CHANNEL YOUTUBE OTOMOTIF RIDWAN HANIF Nuke Farida; Endah Purwitasari; Imam Taufik
Jurnal Broadcomm Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.189 KB) | DOI: 10.53856/bcomm.v4i1.232

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel kredibilitas influencer terhadap minat beli subscribers pada Youtube channel otomotif Ridwan Hanif. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori SOR (Stimulus-Organism-Response). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei dengan menggunakan teknik penyebaran kuesioner pada 385 sampel penelitian, sampel didapatkan dari perhitungan rumus Rao Purba dan populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya. Teknik pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan pada minimal 30 sampel. Hasil penelitian yang didapatkan dari perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 25 adalah variabel kredibilitas influencer memberikan pengaruh sebesar 14,9% pada variabel minat beli subscriber channel Youtube otomotif Ridwan Hanif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil tersebut berpengaruh signifikan dengan kategori rendah. Kata kunci: Kredibilitas Influencer, Minat Beli, Ridwan Hanif, Subscribers, Youtube
PERAN HUMAS MUSEUM NASIONAL DALAM MENINGKATKAN CITRA MELALUI KEGIATAN PAMERAN MUSEUM KELILING Siti Masitoh; Christiana Wulandari
Jurnal Broadcomm Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v1i2.119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis instansi akan perlunya dukungan masyarakat untuk menciptakan citra positif maka dari itu Museum Nasional sangat memerlukan saran dan kritik dari khalayak. Dukungan masyarakat bisa didapatkan dengan meningkatkan peran humas dalam memperkenalkan instansi tersebut. Penelitian ini mengkaji bagaimana Humas berperan dalam meningkatkan citra Museum Nasional dalam program Museum Keliling yang diselenggarakan pada tahun 2014. Kajian ilmiah telah berusaha memberikan informasi tentang “peran humas Museum Nasional dalam meningkatkan citra museum melalui pameran keliling”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang digambarkan dengan cara diseminasi atau bentuk cerita. Penelitian dilakukan survey secara langsung yaitu dengan mendatangi langsung ke lapangan mengumpulkan data studi kepustakaan, observasi, dan melakukan wawancara. Tujuan yang dicapai dari penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban apakah peran Humas yang menyelenggarakan pameran di sekitar museum dapat mendongkrak citranya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pameran museum di sekitar citra Museum Nasional menjadi citra positif. Ke depannya diharapkan kegiatan pameran ini dapat berlangsung secara rutin agar citra Museum Nasional tetap positif. Kata Kunci : Peran, Pameran, Museum Nasional, Peningkatan Citra, Pengunjung
MOTIF IBU MUDA MANTAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK) DALAM MENUMBUHKAN SELF AWARNESS BAHAYA KANKER SERVIKS Wiji Sulestari; Yeni Nuraeni
Jurnal Broadcomm Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53856/bcomm.v2i2.135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif ibu muda mantan pekerja seks komersial (PSK) dalam menumbuhkan kesadaran diri akan bahaya kanker serviks dan untuk mengungkap kedalaman informasi pada ibu muda mantan pekerja seks komersial (PSK) yang tinggal di Harapan Baru 1, Bekasi Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan teoritis yang digunakan adalah new media. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 informan dari ibu-ibu muda yang merupakan mantan pekerja seks komersial (PSK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif penggunaan media Youtube untuk iklan layanan masyarakat tentang pendidikan kanker serviks pada ibu muda mantan pekerja seks komersial (PSK) dari orang pertama hingga kelima menggunakan 3 (tiga) motif yaitu Motif Informasi (Surveillance), Motif Pribadi Motif Identitas (Personal Identity) dan Motif Hiburan (Diversion). Penggunaan Youtube untuk iklan layanan masyarakat tentang pendidikan kanker serviks dalam menumbuhkan kesadaran diri pada ibu muda mantan pekerja seks komersial (PSK) dari responden pertama hingga kelima menggunakan kesadaran diri objektif dan kesadaran diri simbolik.Kata Kunci : Iklan Layanan Masyarakat, Motif Menggunakan Media, Kanker Serviks, Kesadaran Diri, Youtube
ANALISIS FRAMING PADA BERITA PENOLAKAN UU CIPTA KERJA PADA DETIK.COM PERIODE OKTOBER 2020 Siti Masitoh; Aria Julian Bachti
Jurnal Broadcomm Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : AKMRTV Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.182 KB) | DOI: 10.53856/bcomm.v3i2.225

Abstract

Setiap warga Negara memiliki hak dan kebebasan dalam mengutarakan setiap pendapatnya dimasyarakat secara terbuka dan negara berkewajiban untuk memberikan jaminan dan pengamanan kepada hak warga negaranya secara keseluruhan tanpa membedakan suku, ras, agama, dan gendernya. Analisis framing menjadikan sebuah pendekatan informasi yang dapat memahami bagaimana kenyataan dibingkai dan dipublikasikan oleh media dalam mengembangkan kasus tertentu atas realitas. Tujuan dalam penelitian ini, adalah untuk mengetahui Analisis Framing dalam Berita Penolakan UU Cipta Kerja pada Detik.com yang dianalisis Peneliti dengan sejumlah lima pemberitaan yang disajikan Detik.com pada periode 06 Oktober sampai 10 Oktober 2020. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan kualitatif dengan jenis deskriptif yang menjelaskan suatu fenomena yang terjadi pada kondisi yang alamiah. Teknik analisis framing menggunakan model Robert N. Entman sebagai bahan untuk menganalisis secara mendalam berkaitan dengan teks media beritanya. Teori yang digunakan adalah Teori Hirarki Pengaruh Isi Media menerangkan bahwa pengaruh terhadap isi pemberitaan media bersumber dari internal dan eskternal sebuah media. Informan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang yang terdiri dari informan kunci sebagai Redaktur Pelaksana Detik dan Informan pendukung sebagai Human Capital Detik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa media Detik.com dalam melakukan framing terhadap pemberitaan lebih menggambarkan bahwa berita yang disampaikan sesuai dengan realitas dan fakta sebenarnya, serta memberikan narasi melalui narasumber yang berkompeten dalam memberikan informasi kepada publik melalui berita yang disajikannya.Kata Kunci: Analisis Framing, UU Cipta Kerja, Media Online, Detik.com