Private Law
Vol. 2 No. 1 (2022): Private Law Universitas Mataram

Analisis Yuridis Mengenai Peralihan Objek Jaminan Fidusia Dalam Perjanjian Jual Beli Mobil : (Studi Putusan Nomor 239/Pdt.G/2020/PN.Mtr)

Muhammad Teguh Rahmadi (Fakultas Hukum Universitas Mataram)
Wiwiek Wahyuningsih (Fakultas Hukum Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hakim dalam Putusan Pengadilan Negeri Mataram Nomor 239/Pdt.G/2020/PN.Mtr dan pertanggungjawaban penjual yang wanprestasi dalam perjanjian jual beli mobil. Penelitian dilaksanakan dengan mengaplikasikan metode penelitian normatif yang menggunakan pendekatan undang-undang, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Perjanjian jual beli mobil yang menjadi objek jaminan fidusia tersebut adalah sah sebagaimana diatur dalam Pasal 1458 KUHPerdata dan penjual dinyatakan wanprestasi karena tidak menyerahkan BPKB. Penjual bertanggungjawab untuk menyerahkan BPKB kepada pembeli. Majelis hakim menghukum lembaga finance untuk menyerahkan BPKB kepada pihak ketiga (penggugat).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

privatelaw

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Private Law merupakan Jurnal Fakultas Hukum Universitas Mataram yang pertama kali terbit di tahun 2021. Private Law menerbitkan artikel dari jurnal Mahasiswa S1 khususnya bidang Hukum Perdata. diharapkan kedepannya private law dapat ikut meningkatkan kualitas jurnal ke arah nasional maupun ...