Jurnal Biology Education
Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Biology Education

PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH ZOOLOGI INVERTEBRATA

Azwir Azwir (Dosen Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah)
Jalaluddin Jalaluddin (Dosen Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah)
Siti Mayang Sari (Dosen STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh)
Winning Amintas Kartika Waruwu (Akademi Keperawatan Pemkab Nias)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Zoologi Invertebrata dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Serambi Mekkah (USM). Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi semester III tahun akademik 2018/2019. Analisis data keterampilan berpikir kritis mahasiswa dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Zoologi Invertebrata.  Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, dan Zoologi Invertebrata

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...