Jurnal Biology Education
Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Biologi Education

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN GOOGLE CLASS ROOM MELALUI KEGIATAN WORKSHOP DI SMAN 3 SEULIMEUM TAHUN 2020

Amir Hamzah (Guru SMA Negeri 3 Seulimuem Kab. Aceh Besar)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilakukan di SMA Negeri 3 Seulimun dengan judul Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Google Class Room Melalui Kegiatan Workshop di Sman 3 Seulimeum, rumusn masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan Google Class Room dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran jarak jauh di SMAN 3 Seulimeum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penggunaan Google Class Room dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan pembelajaran jarak jauh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kaulitatif, dengan jenis penelitian PTS (Penelitian Tindakan Sekolah) atau action research. Teknik analisis dan pengolahan data dilakukan dengan cara mengklasifikasikan atau mengkategorikan data berdasarkan beberapa tema sesuai fokus penelitannya. Pengolahan data pada penelitian ini terdiri dari Reduksi Data, Tabulasi data beedasarkan data yang di temukan di lapangan. Hasil Penelitian Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 yang dapat dilihat pada table satu diatas menunjukkan bahwa, dengan adanya workshop para dewan guru dapat memiliki akun masing-masing. Dimana sebelum adanya workshop yang memiliki akun hanya 10, sedangkan yang belum sebanyak 63. Setelah diadakan workshop yang memiliki akun menjadi 100. Sedangkan hasil penelitian pada siklus 2 yang dapat dilihat pada table 2 diatas menunjukkan bahwa, dengan adanya workshop para dewan guru dapat membuat media atau bahan ajarnya masing-masing. Dimana sebelum adanya workshop yang membuat bahan ajar hanya 0 , sedangkan yang belum sebanyak 100. Setelah diadakan workshop yang membuat bahan ajar menjadi 100. Kesimpulan Melalui Kegiatan Workshop Google Class Room dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...