Kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan kontribusi yang signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi siswa, sebagai generasi penerus bangsa di masa depan. Dalam kurikulum 2013, pembelajaran dilaksanakan dengan mengacu pada pendekatan ilmiah yaitu dengan proses mengamati, menanya, menalar, mencoba dan membuat jejaring, serta pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning), pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), discovery dan cooperatif learning, yang sejalan dengan pembelajaran abad 21. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa pada matapelajaran Biologi melalui pembelajaran berbasis proyek, dilaksanakan dalam kegiatan lesson study yang terdiri dari 3 tahapan yaitu plan, do, see. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang terdiri dari hasil belajar yang dapat dilakukan dengan memberikan tes formatif, menelaah rencana pembelajaran, hasil observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran, kegiatan/aktifitas siswa, serta informasi balikan dari siswa, dianalisis setelah pembelajaran dilaksanakan, dengan melihat hasil tes yang diberikan yaitu menunjukkan 75% siswa tuntas dalam pembelajaran, dapat menguasai konsep-konsep pada matapelajaran Biologi, atau rata-rata siswa dapat mencapai nilai diatas 7 setiap diadakan tes. Disamping itu persentasi keterlaksanaan pembelajaran, kegiatan/aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui pembelajaran berbasis proyek, serta laporan hasil kerja proyek, rata-rata mencapai minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui pembelajaran berbasis proyek dalam kegiatan lesson study dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan aktivitas siswa, yang pada akhirnya memudahkan pemahaman siswa pada sesuatu materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.kata kunci : kemampuan kognitif, mata melajaran biologi dan metode pembelajaran berbasis proyek
Copyrights © 2015