Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia
Vol 8, No 2 (2021)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Fahruroji Fahruroji (Unknown)
Bibin Rubini (Unknown)
Didit Ardianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen IPA berupa soal tes HOTS yang valid, reliabel, dan mendeskripsikan respon guru IPA terhadap instrumen asesemen0 HOTS. Model dan rancangan penelitian yang digunakan diadaptasi dari model Borg & Gall yang meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba terbatas, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Penelitian dilaksanakan di SMP Armaniyah Serang Baru Kabupaten Bekasi. Instrumen asesmen HOTS yang dikembangkan dinyatakan valid karena telah memenuhi kaidah soal HOTS.  Hasil penelitian dari 30 soal tes HOTS pilihan ganda yang digunakan dinyatakan 26 soal yang valid dan layak digunakan. Dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,907 termasuk kategori sangat tinggi. Soal tes memiliki tingkat kesulitan sebesar 0,62 termasuk dalam kategori sedang, dan daya beda soal sebesar 0,450 dengan kategori baik. Pengujian soal HOTS terhadap 100 peserta didik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, homogen, H1 diterima dan Ho ditolak dengan sebaran pada C4 sebesar 65,69%, C5 sebesar 68,85%, dan C6 65,69% dengan keseluruhan rata-rata mencapai 65,51% termasuk kategori sedang. Kata Kunci:  Pengembangan, Instrumen, HOTS, Suhu dan Perubahannya

Copyrights © 2022