Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 9, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

MINAT BELAJAR MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI

Elfahmi Dwi Kurniawan (Universitas Sriwijaya)
Elfrde Salvadora Siregar (Universitas Sriwijaya)
Nopriyanti Nopriyanti (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
04 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran dalam jaringan (daring) di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya yang belajar dengan pendekatan pembelajaran daring yaitu sebanyak 274 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 163 mahasiswa dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Waktu penelitian yaitu semester ganjil tahun ajaran 2021-2022 pada bulan Oktober – November 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil minat belajar daring mahasiswa dalam proses pembelajaran daring Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya dikategorikan Baik dengan tingkat ketercapaian dengan persentase 80,42%. Diharapkan hasil penelitian ini mampu memberikan informasi bagi pendidik terkait proses pembelajaran daring kedepannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ptm

Publisher

Subject

Automotive Engineering Education Engineering Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN: Kajian Teori dan Praktik Pembelajaran Teknik Mesin, merupakan Berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang pembelajaran teknik ...