Komunikasi merupakan salah satu faktor utama dalam menunjang ketercapaiannyasebuah visi misi suatu perusahaan, tak terlepas penyandang disabilitas tuli,penyandang tuli memiliki keterbatasan dalam pendengaran, sehingga komunikasiyang terjalin sampai saat ini belum berjalan dua arah. Maka dari itu dibutuhkan sebuahmedia untuk menjembatani permasalahan yang terjadi di sebuah perkantoran/perusahaan. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memecahkanmasalah ketika terjadinya banyak gangguan komunikasi atau sulitnya komunikasiantara penyandang tuli dengan rekan kerja nondifabel. Metode yang digunakan dalamperancangan ini adalah penelitian kualitatif, instrument yang digunakan dengan caraobservasi, wawancara dan kajian pustaka dengan pendekatan Human Centred Design.Dalam perancangan ini menawarkan solusi berupa aplikasi digital yang dapatdigunakan oleh penyandang tuli dan rekan kerja nondifabel, kesimpulnan daripenelitian ini menujukkan bahwa aplikasi digital mampu memjembatani proseskomunikasi dalam lingkup perusahaan, namun perlu mengembangkan fitur-fitur lainsehingga aplikasi dapat bekerja lebih efektif.
Copyrights © 2018