ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain
Vol 1 No 2 (2018): ArtComm

Perancangan Aplikasi Braga Heritage Sebagai Media Promosi Bangunan Bersejarah Di Jalan Braga Kota Bandung

Kemala Putri, Citra (Unknown)
Mahardika, Aldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2018

Abstract

Kota Bandung yang dikenal dengan julukan Paris van Java, memiliki berbagai bangunan bersejarahkarya para arsitektur Eropa yang bermukim di Kota Bandung pada masa kolonial. Berbagai macam karyabangunan arsitektur dengan gaya bangunan Eropa yang megah menjadi penghias sudut kota Bandung.Persepsi masyarakat terhadap bangunan-bangunan peninggalan bersejarah di Kota Bandung umumnyadan di Jl. Braga khususnya merupakan hal penting dalam upaya menanamkan kesadaran untuk ikutberpartisipasi secara aktif dalam menjaga kelestarian peninggalan bersejarah. Tetapi masyarakatcenderung tidak peduli pada peninggalan sejarah tersebut, bahkan banyak masyarakat yang tidakmengetahui akan keberadaan bangunan-bangunan tersebut. Peneliti menggunakan metode kuantitatifdalam mengolah fenomena ini. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan memakai dua teknik yaitupengumpulan data primer dan sekunder. Peneliti memberikan solusi akan permasalahan ini denganmembuat sebuah aplikasi smartphone bernama Braga Heritage. Pemilihan media ini berdasarkan hasildari metode survei yang telah dilakukan sehingga dianggap mewakili ketertarikan para remaja usia 1319tahun selaku target audiens dari penelitian ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ArtComm

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain sebagai media untuk mempublikasikan tulisan ilmiah: hasil penelitian, hasil pemikiran (gagasan konseptual), hasil perancangan Desain, Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa, Ilmu Komunikasi, Studi Media, Komunikasi Massa dan Jurnalisme, Strategi Komunikasi, ...