Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca karangan narasi siswa kelas V UPT SDN 010 Rante Bone Kabupaten Luwu Utara. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan jenis one group pretest posttest design. Dalam desain ini, sebelum perlakuan terlebih dahulu sampel diberi pretest (tes awal) dan di akhir pembelajaran sampel diberi posstest (tes akhir). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V UPT SD Negeri 010 Rante Bone Kabupaten Luwu Utara sebanyak 16 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 010 Rante Bone Kabupaten Luwu Utara yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data yaitu berupa pretest posttest dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Analisis datanya menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial berbantuan program siap pakai yaitu statistic product and service solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca karangan narasi siswa kelas V UPT SDN 010 Rante Bone Kabupaten Luwu Utara. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan membaca karangan narasi siswa kelas V UPT SDN 010 Rante Bone Kabupaten Luwu Utara sebelum penerapan model pembelajaran CIRC rata-rata sebesar 53,13 dan berada pada kategori kurang baik. Kemampuan membaca karangan narasi siswa kelas V UPT SDN 010 Rante Bone Kabupaten Luwu Utara sesudah penerapan model pembelajaran CIRC rata-rata sebesar 80,63 dan berada pada kategori baik. Hasil uji Paired Sample T-test diperoleh nilai p sebesar 0,000 < α (0,05).
Copyrights © 2022