Penelitian ini membahas mengenai penggunaan media sosial Instagram sebagai sumber pembelajaran digital pada era industri 4.0. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan teknik analisis konseptual pada penelitian-penelitian terdahulu dengan menggunakan teori Computer Mediated Communication (CMC). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Instagram berperan sebagai salah satu kanal digital alternatif dalam memperoleh informasi yang edukatif bagi peserta didik. Platform media sosial Instagram dianggap sebagai media pembelajaran dan kebiasaan baru. Selain itu, Instagram juga dianggap sebagai sarana yang efektif dalam praktik pembelajaran digital melalui keterbukaan, interaktivitas, dan sosialisasi para peserta didik. Temuan baru dalam penelitian ini adalah bentuk proses pembelajaran baru pada industri 4.0. Jika dahulu sebagian besar proses pembelajaran dilakukan secara formal, dengan adanya revolusi industri 4.0 ini proses pembelajaran dapat dilakukan secara digital yaitu dengan menggunakan platform media sosial. Hal ini pun tidak terbatas hanya pada para ilmuwan dan pakar, namun seseorang atau akun yang dianggap memiliki kredibilitas juga dapat memberikan informasi sebagai sumber pembelajaran melalui kanal digital.
Copyrights © 2021