Journal Islamic Economics Ad Diwan
Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN

ANALISIS DAYA SAING PRODUK EKSPOR INDONESIA KE TIONGKOK

Muhammad Mulya Tarmidzi (Unknown)
Dina Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2021

Abstract

Perdagangan internasional adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa lintas negara atas kesepakatan bersama melalui kegiatan ekspor dan impor, Dan Salah satu negara yang menjadi mitra dagang Indonesia adalah Negara Tiongkok. Untuk dapat memasuki suatu pasar luar negeri tentu membutuhkan produk yang memiliki daya saing tinggi. Untuk itu perlu diketahui kekuatan daya saing dari produk Indonesia yang selama ini di ekspor ke pasar Tiongkok.Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis daya saing, posisi pasar, dan untuk mengetahui sektor apakah yang perlu didorong selama 2015-2019. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan periode tahunan. Berdasarkan hasil RCA hanya ada 34 dari 97 sektor produk yang memiliki keunggulan komparatif atau nilai rata-rata RCA lebih dari satu. Dan berdasarkan hasil EPD sebagian besar produk ekspor Indonesia tidak memiliki keunggulan kompetitif di negara Tiongkok, Karena terdapat 40 dari 97 sektor produk yang berada pada posisi reatreat yang artinya adalah adanya kemunduran pangsa pasar ekspor pada sektor produk tersebut

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

addiwan

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal Islamic Economics Ad Diwan; Institut Ummul Quro Al-ISlami Bogor adalah jurnal penelitian dalam disiplin ilmu ekonomi islam dan masalah ekonomi syariah yang diharapkan dapat memberikan kontribusi baru atau state-of-the-art untuk pengembangan akademik atau aplikasi dunia nyata atau keduanya. ...