cover
Contact Name
-
Contact Email
nurodin@iuqibogor.ac.id
Phone
+6281316817632
Journal Mail Official
nurodin@iuqibogor.ac.id
Editorial Address
Jl. Moch Noh Nur No. 112 Leuwiliang Bogor-Jawa Barat
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Journal Islamic Economics Ad Diwan
ISSN : 28097130     EISSN : 28094840     DOI : https://doi.org/10.51192/ad.v1i2.310
Journal Islamic Economics Ad Diwan; Institut Ummul Quro Al-ISlami Bogor adalah jurnal penelitian dalam disiplin ilmu ekonomi islam dan masalah ekonomi syariah yang diharapkan dapat memberikan kontribusi baru atau state-of-the-art untuk pengembangan akademik atau aplikasi dunia nyata atau keduanya. Jurnal ini mencakup artikel penelitian asli, antara lain: Ekonomi Islam, Kewirausahaan Syariah, Manajemen dan Perbankan Syariah, Etika Bisnis Syariah, Manajemen Investasi Syariah, Manajemen Risiko Bank Syariah, Manajemen Dana Bank Syariah, Akuntansi Syariah, Anggaran Bank Syariah, Manajemen Zakat, Modal Syariah Pasar. Jurnal Ad Diwan ini diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Syariah, Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu Bulan September dan Maret.
Articles 30 Documents
EFEKTIVITAS PEMBAYARAN NON TUNAI (CASHLESS) PADA BUMP PESANTREN MODERN UMMUL QURO AL-ISLAMI Moh Asep Zakariya Ansori
AD DIWAN Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1616.129 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i01.132

Abstract

Perkembangan sistem ekonomi yang pesat menuntut kita untuk semakin inovatif dan kreatif dalam mengikuti perkembangan zaman secara terukur dan tanpa menghilangkan unsur-unsur syariat islam sehingga efektifitasnya bisa didapatkan. Pembayaran merupakan komponen (Rukun) penting dalam transaksi perdagangan barang atau jasa, perkembangan teknologi dan besarnya nilai transaksi serta resiko, sistem pembayaran yang aman dan lancar menjadi semakin penting dan mendukung perkembangan sistem keuangan. Sebuah alternatif yang menjadi pilihan Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) pada transaksi keuangan santri di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami adalah pembayaran non tunai atau Cashless Payment. Sistem ini bertujuan untuk kemudahan transaksi, upaya preventif pengurus pesantren dalam meminimalisir terjadinya kekhawatiran dalam pengelolaan uang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui efektifitas BUMP Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami dalam pelaksanaan pembayaran Non Tunai (Cashless), metode yang digunakan adalah Pendekatan fenomenologi yang dilakukan secara sistematis dengan cara menggali informasi dari suatu fenomena dan pengalaman secara kritis. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa 1) beberapa wali santri belum memahami sistem Cashless. 2)Penerapan sistem cashless yang terbilang baru berjalan mengakibatkan minimnya penguasaan petugas kantin atau mart (Unit usaha) 3) Padatnya aktifitas santri dan kendala server pada sistem dan jaringan menghambat proses transaksi
ANALISIS DAYA SAING PRODUK EKSPOR INDONESIA KE TIONGKOK Muhammad Mulya Tarmidzi; Dina Rahayu
AD DIWAN Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1141.293 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i01.133

Abstract

Perdagangan internasional adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa lintas negara atas kesepakatan bersama melalui kegiatan ekspor dan impor, Dan Salah satu negara yang menjadi mitra dagang Indonesia adalah Negara Tiongkok. Untuk dapat memasuki suatu pasar luar negeri tentu membutuhkan produk yang memiliki daya saing tinggi. Untuk itu perlu diketahui kekuatan daya saing dari produk Indonesia yang selama ini di ekspor ke pasar Tiongkok.Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis daya saing, posisi pasar, dan untuk mengetahui sektor apakah yang perlu didorong selama 2015-2019. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan periode tahunan. Berdasarkan hasil RCA hanya ada 34 dari 97 sektor produk yang memiliki keunggulan komparatif atau nilai rata-rata RCA lebih dari satu. Dan berdasarkan hasil EPD sebagian besar produk ekspor Indonesia tidak memiliki keunggulan kompetitif di negara Tiongkok, Karena terdapat 40 dari 97 sektor produk yang berada pada posisi reatreat yang artinya adalah adanya kemunduran pangsa pasar ekspor pada sektor produk tersebut
ANALISIS PENGARUH TRANSMISI SUKU BUNGA DAN BAGI HASIL TERHADAP TOTAL PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2017-2019 Jamaludin; Irfan Fauzan
AD DIWAN Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1243.076 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i01.134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transmisi suku bunga dan bagi hasil terhadap total pembiayaan perbankan syariah di Indonesia tahun 2017-2019. Total pembiayaan merupakan bagian dari variabel terikat, sedangkan variabel bebasnya adalah tingkat suku bunga dan bagi hasil. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan suku bunga pada Bank Indonesia (BI), Bagi Hasil dan Total Pembiayaan pada website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dan sampel data dikumpulkan berdasarkan data suku bunga pada Bank Indonesia tahun 2017-2019, Bagi Hasil berdasarkan data Bank Umum Syariah tahun 2017-2019. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa suku bunga dan bagi hasil berpengaruh terhadap total pembiayaan perbankan syariah di Indonesia
PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PRODUK TABUNGAN WADIAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM Roisiyatin; Rida Raudatun Nisa
AD DIWAN Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1021.494 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i01.135

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pengetahuan Konsumen (Consumer Knowledge) Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Produk Tabungan Wadiah Pada Koperasi Simpan Pinjam Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor”. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan konsumen tentang keputusan menjadi nasabah produk tabungan wadiah pada Koperasi Simpan Pinjam Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor.  Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada 110 responden yang menggunakan produk tabungan wadiah. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sedangkan untuk jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data, yaitu uji validitas data, uji reliabilitas data, uji normalitas data, uji homogenitas data, uji t (parsial) dan uji koefisien determinasi. Dari uji hipotesis penelitian ini dinyatakan Ha (diterima) artinya adanya pengaruh pengetahuan konsumen (X) terhadap keputusan menjadi nasabah produk tabungan wadiah (Y). Dan dari hasil uji t terdapat nilai signifikansi sebesar 0.000 yang artinya lebih kecil dari 0.05. Kemudian variabel (X) variabel keputusan menjadi nasabah produk tabungan wadiah (Y) adalah 0.574 atau 57.4% dan sisanya 42.6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini
ANALISIS PENDAPATAN TERHADAP KONSUMSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT UMMUL QURO AL- ISLAMI Moch Zaenal Muttaqin; Ukon Bulkoeni
AD DIWAN Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1031.702 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i01.136

Abstract

Analisis pendapatan terhadap konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Ummul Quro Al-Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan terhadap konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Ummul Quro Al-Islami. Lokasi penelitian ini dilakukan di kampus Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor. Metode yang di lakukan dalam penelitian ini adalah metode dengan analisis deskriptif dan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner/angket dengan iast pengambilan sampel menggunakan random sampling. Tekhnik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan berpengaruh terhadap konsumsi mahasiswa
PENGARUH KEBERADAAN PERGURUAN TINGGI TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN PENDUDUK DESA LEUWIMEKAR KECAMATAN LEUWILIANG BOGOR Anggi Septiani
AD DIWAN Vol. 1 No. 1 (2021): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1150.222 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i01.137

Abstract

Perguruan tinggi sering didefinisikan sebagai mesin pembangunan ekonomi, sehingga peran perguruan tinggi diharapkan dapat meningkatkan pendapatan penduduk di sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan pendapatan rata-rata penduduk sebelum berdirinya perguruan tinggi dan setelah berdirinya perguruan tinggi di Desa Leuwimekar. Untuk melihat perbedaan pendapatan rata-rata penduduk sebelum berdirinya perguruan tinggi dan setelah berdirinya perguruan tinggi dilakukan uji T, serta melihat faktor-faktor yang memengaruhi pendapatan rata-rata penduduk melalui studi kasus pelaku UMKM di Desa Leuwimekar menggunakan metode OLS. Hasil uji T menunjukkan perbedaan pendapatan responden sebelum dan sesudah berdiri IUQI sebesar 32,2%, yang berarti secara rata-rata pendapatan responden meningkat sebesar 32,2%. Dan hasil pengolahan data dengan metode OLS menunjukkan bahwa variabel ln modal tidak berpengaruh positif terhadap pendapatan rata-rata responden dengan nilai koefisien 0,032972 pada taraf nyata 5%, begitupun dengan variabel ln jarak dengan nilai koefisien sebesar -0,161506 pada taraf 5% tidak berpengaruh positif terhadap rata-rata pendapatan responden
EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DALAM PENGEMBANGAN BISNIS PADA BMT ARTHA JAYA BABELAN BEKASI UTARA Emmy Hamidiyah; Dimas Eldin Saputra
AD DIWAN Vol. 1 No. 2 (2022): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1430.464 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i2.196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran terbaik seperti apa yang digunakan dalam memasarkan produk–produk BMT Artha Jaya dalam menyikapi beberapa masalah yang dihadapi. Lalu langkah solutif apa yang dipilih dalam menyikapi fenomena permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni sebuah penelitian dengan cara mengambil data dari lapangan di objek yang sebenarnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya strategi pemasaran itu dipengaruhi oleh dua permasalahan yaitu faktor internal dan eksternal objek penelitian. Faktor–faktor eksternal meliputi eksistensi BMT, tingkat persaingan dengan kompetitor, minat masyarakat terhadap aktivitas wirausaha dan menabung daya menabung masyarakat yang rendah. Sedangkan faktor permasalahan internal yang menghambat strategi pemasaran agar efektif adalah tingkat kualitas SDM yang belum maksimal, upaya promosi yang kurang inovatif, dukungan sarana dana prasarana yang kurang memadai, dan belum menyesuaikan tren digitalisasi dalam lingkup pemasaran.
PENERAPAN AKAD WADIAH PADA PRODUK SIMPANANKU DI BMT AL- AZHARI Aries Muftie; Malihah
AD DIWAN Vol. 1 No. 2 (2022): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1337.059 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i2.197

Abstract

The absence of divine values ​​that underlie the banking operations of other financial institutions has made this development institution a place to raise money for the powerful people who destroy the foundations of the nation's economy. Therefore, it is not too late for us as Muslim economic actors to introduce and strengthen the Islamic finance industry in Indonesia. The Indonesian population, which is predominantly Muslim, should prefer to save with a sharia contract, such as wadiah. In this regard, the author raises a study on the application of wadiah contracts at BMT Al-Azhari on simpananKu products. The contract used by BMT Al-Azhari is wadiah yad dhamanah whose withdrawal can be made at any time based on agreed terms. The writer's purpose is to find out the implementation of the wadiah contract on simpananKu products at BMT Al-Azhari, the development of SimpananKu products at BMT Al-Azhari from year to year, and find out what obstacles have been faced in simpananKu products at BMT Al-Azhari. This research is a qualitative research by interview (interview). The results of the study indicate that the wadiah yad dhamanah contract is usually applied in the form of savings which are commonly used by Islamic banks and BMTs. The implementation of the wadiah contract on simpananKu product is in accordance with Islamic law based on the DSN MUI Fatwa No. 2/DSN-MUI/IV/2000, Law no. 21 of 2008 and Circular Letter of the Financial Services Authority. The development of sales of the SimpananKu product, both from the aspect of the balance sheet, identification of customer areas, and the Covid-19 linkage has not been running perfectly, although it has increased every year but has not reached the expected target. The benefits that BMT gives to simpananKu customers will get SHU every year. simpananKu product has several obstacles, namely the absence of a debit card, the BMT Al-Azhari mobile facility which is not applied by the community, the lack of enthusiasm and awareness of students and guardians of students, and the lack of public understanding of BMT.
PENGARUH PELATIHAN, KEPEMIMPINAN, DAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT BJB SYARIAH CABANG BOGOR Anisa Husnul Khotimah; Abdul Aziz; Ahmad Juwaini; Amir Tengku Ramly
AD DIWAN Vol. 1 No. 2 (2022): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1240.599 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i2.310

Abstract

Masalah yang dijadikan sebagai objek penelitian adalah pelatihan yang tidak tepat sasaran yang dapat dilihat dari peserta pelatihan terhadap materi yang diberikan. Pelaksanaan kepemimpinan yang belum efektif. Pemahaman tentang budaya perusahaan yang belum maksimal sehingga berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: 1) Untuk menganalisis pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan di Bank bjb Syariah Cabang Bogor. 2) Untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Bank bjb Syariah Cabang Bogor. 3) Untuk menganalisis budaya perusahaan karyawan pada PT Bank bjb syariah Cabang Bogor. 4) Untuk menganalisis pengaruh pelatihan, kepemimpinan dan budaya perusahaan kinerja karyawan pada PT Bank bjb syariah Cabang Bogor. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner yang diberikan kepada responden yang merupakan karyawan Bank bjb Syariah Cabang Bogor sebanyak 60 Responden. Hipotesis yang digunakan adalah SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Dari hasil penelitian menujukan bahwa terdapat nilai signifikansi adalah 0.000, dan nilai signifikansi ini lebih kecil dari 0.005. Maka dari hasil diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa : Variabel bebas Pelatihan (X1), Kepemimpinan (X2) Budaya Perusahaan (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent yaitu Kinerja Karyawan (Y)
TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN DAN TANGGUNG JAWAB KERUGIAN DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR Devi Sintabela; Jamaluddin; Mahfud
AD DIWAN Vol. 1 No. 2 (2022): AD DIWAN
Publisher : Program Studi Ekonomi Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1492.044 KB) | DOI: 10.51192/ad.v1i2.311

Abstract

Dalam kegiatan muamalah, konsumen kadang membutuhkan barang yang belum ada pada produsen. Sehingga konsumen melakukan pemesanan barang pada produsen dengan akad istishna’ yang biasa diterapkan dalam sistem borongan pembangunan infrastruktur. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur adalah PT. Pasauran Sakti mandiri. Dalam praktiknya, kerugian dalam sistem borongan sering terjadi dan menimbulkan konflik diantara pihak yang bersepakat. Perumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu dan memahami praktik perjanjian kerjasama dalam sistem borongan pembangunan infrastruktur di PT. Pasauran Sakti Mandiri, konsekuensi kerugian, dan tinjauan hukum Islam terhadap praktik perjanjian kerjasama di PT. Pasauran Sakti Mandiri dengan konsumen menurut akad istishna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang diperoleh oleh menggunakan teknis wawancara dan observasi, dokumentasi, dan survei kepuasan konsumen melalui google formulir. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah konsumen yang ingin menyerahkan borongan pembangunan infrastruktur kepada PT. Pasauran Sakti Mandiri harus membuat dan menyerahkan Surat Perintah Kerja (SPK), dan semua konsekuensi kerugian yang terjadi saat pembangunan akan ditanggung oleh pihak perusahaan. Praktik kerjasama borongan pembangunan infrastruktur di PT. Pasauran Sakti Mandiri sudah sesuai dengan syari’at Islam dan memiliki kesesuaian dengan akad istishna’.sebagaimana pendapat Imam Mazhab Syafi’I dan Maliki

Page 1 of 3 | Total Record : 30